Sukses

Kode Peserta Tes CPNS Tidak Ditemukan, Ini Jawaban Pemerintah

Keluhan peserta paling banyak menghiasi pengumuman CPNS 2013, yakni soal tidak ditemukannya kode atau nomor peserta.

Pengumuman hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 untuk kategori pelamar umum ternyata menuai kontroversi. Pasalnya, hasil pengumuman tersebut diwarnai banjir keluhan dari peserta.

Keluhan peserta paling banyak menghiasi pengumuman CPNS 2013, yakni soal tidak ditemukannya kode atau nomor peserta setelah berkali-kali mengakses situs atau laman resmi CPNS tahun ini.

Kondisi tersebut membuat peserta penasaran. Namun setelah dicoba terus menerus dan hasilnya masih gagal ditemukan, peserta pun melampiaskan kemarahan maupun unek-uneknya di halaman berita pengumuman CPNS.

Menanggapi banjir keluhan itu, Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsa Atmaja mengingatkan bahwa pengumuman PNS 2013 pada 24 Desember lalu hanya untuk pelamar umum, bukan honorer (K2).

"Perlu diperhatikan bahwa yang diumumkan mulai 24 Desember 2013 adalah untuk pelamar umum. Sedangkan yang honorer akan dirilis akhir Januari 2014," ungkap dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Setiawan mengakui, bagi pelamar umum yang masih sulit menemukan kode atau nomor peserta dalam situs pengumuman hasil CPNS 2013, kemungkinan masih dalam proses.

"Pelamar umum yang masih sulit kemungkinan masih dalam proses dan yang menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) belum di upload," jelasnya.

Selain itu, dia beralasan, peserta kemungkinan tidak menemukan kode peserta karena masuk dalam wilayah yang menunda pengumuman hasil tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS bagi pelamar umum yang menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK) hingga waktu yang belum ditentukan.

Pasalnya pemerintah masih harus mencocokkan data diri peserta dengan hasil seleksi CPNS 2013. Setiawan menyebut ada empat provinsi yang menunda pengumuman CPNS antara lain Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

"Empat provinsi itu memang menunda pengumuman CPNS 2013 karena sedang dilakukan proses validasi antara biodata peserta dengan hasil tes," tandasnya. (Fik/Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

Kenapa Lulus Passing Grade Belum Tentu Lolos Seleksi CPNS?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini