Sukses

Nomor CPNS Tidak Keluar Itu Karena Sistem CAT Baru Rampung Besok

KemenPAN-RB akan merampungkan pengolahan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memastikan pihaknya akan merampungkan pengolahan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Komitmen ini menyusul keluhan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sulit menemukan kode atau nomor peserta pada situs resmi pengumuman CPNS.

Menurut Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan RB, Setiawan Wangsa Atmaja, kemungkinan sulitnya peserta mendapatkan kode peserta dan mengetahui hasil pengumuman disebabkan karena beberapa hal.

Antara lain, masuk dalam kategori peserta CPNS honorer, pelamar umum CAT atau masuk dalam provinsi yang menunda pengumuman CPNS 2013. Pasalnya pengumuman PNS untuk golongan honorer (K2) akan berlangsung akhir Januari 2014.
 
"Ketiga kategori ini memang belum diproses. Makanya peserta kesulitan mengakses kode atau nomor peserta," tegasnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Sedangkan bagi pelamar umum yang menggunakan sistem CAT, kata Setiawan, pemerintah akan segera merampungkan hasil tes TKD CAT tersebut dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan besok (27/12/2013) selesai semuanya. Kalau sudah rampung, bisa langsung di-upload," ujar dia.

Artinya apabila proses itu selesai, peserta yang merupakan kategori pelamar umum CAT dapat segera mengakses dan mengetahui lulus tidaknya mereka menjadi abdi negara.

Setiawan juga memberi saran supaya peserta dapat mencari informasi melalui situs resmi masing-masing Kementerian/Lembaga. "Peserta bisa cek ke website instansi, tapi bagi yang sudah diterima seleksi CPNS," tandasnya.

Sekadar informasi, total peserta CPNS tahun ini mencapai 2,04 juta orang. Ada tiga tes, yakni tes kemampuan dasar CPNS, honorer dan TKD sistem CAT. Pengumuman hasil CPNS 2013 baru mencakup tes TKD CPNS menggunakan sistem lembar jawab komputer (LJK) dengan jumlah peserta 774.508 orang dari pelamar umum, sedangkan yang TKD sistem CAT belum diumumkan. (Fik/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

Pengumuman CPNS Hari Ini untuk Sistem Lembar Jawaban Komputer

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Pertanyaan-pertanyaan Terhadap Hasil Pengumuman CPNS 2013

Kenapa Lulus Passing Grade Belum Tentu Lolos Seleksi CPNS?



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini