Sukses

10 Negara dengan Ekonomi Terbaik di 2030 (I)

Selama empat tahun, Amerika Serikat (AS) terus bertengger di posisi pertama sebagai negara dengan perekonomian tertinggi di dunia.

Selama empat tahun berturut-turut, Amerika Serikat (AS) terus bertengger di posisi pertama sebagai negara dengan perekonomian tertinggi di dunia.  Meski demikian, bukan tak mungkin negara-negara lain mampu melampaui peringkatnya dan memimpin ekonomi global.

Sejak krisis finansial terjadi pada 2008, banyak negara baik di Asia maupun Eropa ikut merasakan dampaknya, termasuk pengurangan produk domestik bruto (PDB).

Seiring dengan berbagai reformasi yang dilakukan di sejumlah penjuru dunia, perekonomian di beberapa negara menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Bahkan negara dengan populasi tinggi seperti China ditopang dengan pertumbuhan penduduk kelas menengah yang semakin tinggi, dinilai mampu menjadi pemimpin ekonomi dunia.

Untuk menilainya, para analis melakukan sejumlah pengamatan dan membuat prediksi ekonomi beberapa negara di dunia.

Pengukurannya dilakukan berdasarkan berbagai aspek ekonomi termasuk reformasi yang diterapkan pemerintah di suatu negara.

Hasilnya, Seperti dikutip dari The Richest, Jumat (27/12/2013), sesuai dengan estimasi PDB para analis tersebut, peringkat pemimpin ekonomi di dunia disusun berdasarkan jumlah produk domestik brutonya (PDB).

Berikut 10 negara yang bakal jadi pemimpin ekonomi dunia di 2030:
1. China

Estimasi PDB: US$ 53,8 triliun

Ekonomi China diprediksi akan melampaui Amerika Serikat (AS) pada beberapa dekade mendatang. Dari posisi kedua saat ini, China akan menempati peringkat teratas sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Setelah perang dunia kedua, China menerapkan sistem pemerintahan komunis yang mengadopsi model Uni Soviet untuk sistem perekonomiannya. Sebelum menginjak tahun 1990-an, China mulai menunjukkan pertumbuhannya.

Semua pertumbuhan tersebut berkat pemerintahnya yang secara berkelanjutan membuka kawasan-kawasan industrialisasi baru. Kondisi tersebut mengundang banyak investasi asing yang membuat China memasuki milenium baru.

China terus membangun hubungan perdagangan yang kuat baik dengan negara maju maupun berkembang. Saat ini, hubungan perdagangan paling erat terjalin dengan Kanada.

Selain itu, China juga mengingat banyak hubungan ekonomi dengan Afrika dan Asia. Negara Tirai Bambu ini akan menjadi pusat perhatian pada 2030.

2. Amerika Serikat (AS)

Estimasi PDB: US$ 38,5 triliun

Selama empat tahun berturut-turut, AS terus menempati posisi pertama sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Paska perang dunia kedua, ekonomi sebagia besar negara-negara Eropa khsususnya, Inggris, Jerman dan Prancis berantakan. AS datang mengisi kekosongan perekonomian tersebut.

Meski demikian, dalam beberapa tahun terakhir, AS terus menerima banyak tantangan akibat pertumbuhan ekonomi Eropa, China, India dan sejumlah organisasi ekonomi di Asia, Amerika Selatan serta Afrika.

Tak diragukan lagi, AS menikmati banyak keuntungan dari peningkatan kesejahteraan global. Akan tetapi, AS masih mengalami krisis finansial, kenaikan utang dan persaingan yang lebih ketat.

Selain itu, AS juga sempat mengalami ganjalan perekonomian yang membuat PDB nya turun pada 2030.
3. India

Estimasi PDB: US$ 15 triliun

Saat ini, India memang masih berada di posisi ketiga sebagai negara dengan perkonomian terbesar di Asia. Namun berkat populasinya yang besar dan hubungannya yang baik dengan negara-negara baik, India bisa terus melakukan pertumbuhan ekonomi yang mengejutkan.

Bahkan pertumbuhan masyarakat menengah ke atas terus meningkat. Kondisi tersebut membuat India memiliki pijakan yang kuat untuk memimpin ekonomi di dunia. Terlebih lagi di topang industri-industri yang terus berkembang.
4. Jepang

Estimasi PDB: US$ 9,3 triliun

Jepang merupakan salah satu negara paling maju dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia.Peningkatan tersebut banyak ditopang sektor teknologi.

Kerjasama bisnis yang dilakukannya mampu menciptakan lingkungan ekonomi yang sehat. Jepang juga tercatat memiliki hubungan dagang yang baik dengan negara-negara di kawasan pasifik dan dunia barat.

Di posisinya saat ini, meski mendapat pengaruh negatif dari ekonomi AS, Jepang tetap mampu menunjukkan kehebatannya. Terlebih lagi, saat ini, banyak penduduk Jepang yang haus akan barang-barang mewah.
5. Jerman

Estimasi PDB: US$ 7,4 triliun

Jerman merupakan salah satu negara terkuat yang berhasil lolos dari krisis finansial global. Pada 2008, Jerman tercatat memiliki sedikit utang dan mampu menyediakan lebih banyak lowongan pekerjaan bagi para rakyatnya.

Jerman berhasil memiliki sistem pendidikan yang melahirkan banyak tenaga kerja ahli di bidang industri. Hingga saat ini, Jerman tetap menjadi negara dengan perekonomian tertinggi di kawasan Eropa.

Seperti Prancis dan Inggris, Jerman dinilai dapat menumbuhkan ekonominya dengan baik dalam beberapa dekade ke depan. Ditopan dengan jumlah penduduknya yang semakin besar, Jerman diprediksi mampu menempati posisi ke-5 dunia. (Sis/Nrm)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini