Sukses

Jalan Tol Kebon Jeruk-Ciledug Gratis Satu Minggu Mulai Hari Ini

Selama seminggu tarif tol Kebon Jeruk-Ciledug akan gratis bagi pengendara yang melintasi jalan tol ini.

Ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara paket pertama antara Kebon Jeruk-Ciledug diresmikan hari ini.

Selama seminggu, tarif tol ini akan digratiskan bagi pengendara yang melintasi. Tarif sebesar Rp 3.500 akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2014 pukul 00.00.

"Uji coba seminggu, kalau lewat gratis. Setelah itu dipungut," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman usai peresmian tol ini di Jakarta, Jumat (27/12/2013)

Sementara itu, PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) selaku pemegang hak konsesi tol JORR W2 Utara menargetkan bila keseluruhan tol ini telah rampung, maka setiap hari ditargetkan akan dilewati minimal 100 ribu kendaraan per hari.

"Kami harapkan manfaatnya lebih banyak lagi. Sehingga kalau tembus semua, lalu lintas harian bisa mencapai 100 ribu kendaraan," tandas Direktur Utama PT MLJ Sonhadji.

Untuk sementara, jalan tol paket pertama ini hanya boleh digunakan oleh kendaraan golongan I berjenis sedan, jip, pick up, dan bus. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi jalan Ciledug Raya dan Joglo yang tidak sesuai golongan kendaraaan jenis II, III, IV dan V.

Ruas JORR W2 sendiri memiliki panjang keseluruhan 7,87 km dengan total investasi sebesar Rp 2,2 triliun.‬ Anggaran tersebut 30% berasal dari dana ekuitas pemegang saham, sedang sisanya berasal dari pinjaman Bank Mandiri dan Bank DKI.

Proyek tol ini terbagi menjadi 4 paket, antaralain Paket I (Kebon Jeruk-Meruya) sepanjang 1,95 km oleh PT Wijaya Karya Tbk, Paket II (Meruya-Joglo) sepanjang 1,5 km oleh PT Adhi Karya Tbk.

Sementara itu, Paket III (Joglo-Ciledug) sepanjang 2,35 km oleh PT Waskita Karya Tbk dan Paket IV (Ciledug-Ulujami) sepanjang 2,07 km oleh PT Jaya Konstruksi. Total keseluruhan rencananya akan selesai pada triwulan III tahun 2014. (Dny/Ahm)

Baca Juga:

Resmi Beroperasi, Jalan Tol Kebon Jeruk-Ciledug Kurangi Macet


Jasa Marga Tambah 136 Gardu Tol Otomatis di 2014


Jasa Marga Incar Pendapatan Rp 7 Triliun pada 2014





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.