Sukses

BI: Inflasi Capai 0,3% pada Pekan Ketiga Desember

Bank Indonesia memprediksikan inflasi di kisaran 8,5% pada 2013. Hal itu mengingat inflasi pada pekan ketiga Desember sekitar 0,3%.

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan inflasi pada minggu ketiga  Desember berada di angka 0,3%. Angka tersebut diperoleh dari hasil kajian rutin BI terhadap pengaruh beberapa elemen bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat.

"Month-to-month survei kami sampai minggu kemarin inflasi di angka 0,3%, sampai akhir bulan prediksi kami akan di bawah 0,5%," ungkap Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo saat ditemui di kompleks BI, Jumat (27/12/2013).

Perry menambahkan,  dengan angka inflasi tersebut maka dirinya optimistis  nanti di akhir tahun 2013 inflasi akan berada di bawah target yaitu di kisaran 9%-9,8%.

Sementara di saat yang sama Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menjelaskan pada akhirnya nanti inflasi akan berada di angka 8,5% atau bahkan cenderung mampu di bawah itu.

"Terkait inflasi kita cukup bersyukur dan confident dengan inflasi tahun 2013, kami harapkan itu di bawah yang kami prediksi, awalnya kan prediksi  9% sampai 9,8%, tapi kami bisa lihat di bawah itu, sekitar 8,5%," paparnya.

Dengan adanya inflasi lebih baik ketimbang target tersebut, Agus mengaku akan terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk terus menjaga inflasi.

"Kita juga terus menjaga inflasi terkendali, bahkan sekarang selama dua bulan terakhir kembali normal lagi, dan bahkan lebih baik dari sebelumnya, dan tahun depan kita harapkan kembali di 4,5% plus minus 1%," pungkas mantan Menteri Keuangan itu. (Yas/Ahm)

Baca Juga:

BI Rate Diprediksi Bakal Naik Jadi 8% di 2014

Hadapi Tapering, IMF Ingatkan Indonesia Perkuat Ekonomi

Bank Dunia: Ekonomi RI Bakal Dipenuhi Risiko Tinggi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.