Sukses

Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Naik per 1 Januari 2014

Harga tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh akan naik mulai 1 Januari 2014.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menaikkan harga tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh mulai 1 Januari 2014. Kenaikan itu disebabkan belum cairnya dana subsidi (PSO) dari pemerintah.  

"Jadi nanti kalau ada PSO, tinggal dikurangi (harga turun lagi-red)," jelas Kepala Humas PT KAI, Sugeng Priyono saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (28/12/2013).

Adapun beberapa tiket yang mengalami kenaikan harga yaitu Kereta Api Bengawan jurusan Stasiun Pasar Senen-Solo yang naik menjadi Rp 95 ribu, dari sebelumnya Rp 50 ribu.

Kemudian Kereta Api Progo jurusan Yogyakarta Lempuyangan-Stasiun Pasar Senen dari sebelumnya Rp 50 ribu, naik menjadi Rp 95 ribu. Sedangkan untuk Kereta Api Matarmaja jurusan Malang-Stasiun Pasar Senen dari yang sebelumnya Rp 85 ribu, naik menjadi Rp 130 ribu.

"Karena tidak ada subsidi, jadi tiket ekonomi yang komersial itu kami terapkan sesuai harga sebenarnya," jelas dia.

Sementara untuk pencairan dana PSO, Sugeng menyatakan pihaknya masih menunggu ditekennya persetujuan dana PSO oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan pada akhir Desember 2013.

"Jika PSO itu ditandatangani bukan berarti besoknya langsung berlaku lalu harga turun. Karena tiket Januari sudah kami jual, jadi paling tidak 90 hari setelah itu (harga turun-red)," kata Sugeng. (Yas/Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Libur Akhir Tahun, Tiket Kereta Api Laris Manis

Libur Tahun Baru, Puncak Arus Penumpang KA Terjadi Hari Ini

KA Perintis Pertama Indonesia Bakal Beroperasi di Aceh

PT KAI Bercita-cita Miliki Hotel Stasiun

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.