Sukses

Dahlan Ingin Harga Daging Sapi Tak Bebani Abang Tukang Bakso

Kementerian BUMN akan berkoordinasi dengan Bulog untuk menyediakan daging beku agar terjangkau bagi pedagang mie dan bakso.

Tingginya harga daging sapi segar di pasaran dinilai sangat meresahkan para pedagang mie dan bakso. Kondisi ini mendorong Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan untuk bergerak mencari solusi, salah satunya menggantinya dengan daging sapi beku untuk produksi bakso.

"Waktu harga daging mahal, saya bertanya-tanya apakah bikin bakso bisa pakai daging beku. Karena kalau bisa, harganya langsung lebih rendah," ujar Dahlan saat acara Festival Makan Bakso Gratis Untuk Rakyat di Senayan, Jakarta, Minggu (29/12/2013).

Jika ini bisa direalisasikan, Dahlan mengaku, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Perum Bulog agar segera menyuplai daging beku dengan harga lebih murah.

"Harga daging tidak boleh terus menerus mahal sebab bisa mengakibatkan inflasi yang sangat berbahaya bagi perekonomian kita. Makanya saya akan kerja sama dengan Asosiasi Pedagang Mie Bakso (Apmiso) apakah daging beku benar-benar bisa buat bakso dan produksi bisa berapa kalau pakai daging beku," tutur Dahlan.

Selanjutnya, kata Dahlan, langkah berikutnya adalah mematangkan prosedur karena perlu perundingan cermat semisal untuk produksi bakso dan sebagainya.

"Kalau harga naik, pedagang akan mengecilkan produk baksonya. Jadi saya akan segera cari cara dan berkoordinasi, yang penting para pedagang harus rukun dan tidak berkelahi. Siapa tahu dengan begini, harga daging bisa lebih murah," tukas dia.

Sementara itu, Ketua Umum Apmiso, Tri Setyo Budiman mengatakan, dalam acara Festival Makan Bakso Gratis ini, pedagang menggunakan 100% daging beku.

"Daging beku yang dicampur dengan daging segar bisa menambah keuntungan pedagang. Dengan kerja sama ini diharapkan bisa menurunkan harga daging," pungkasnya. (Fik/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca Juga:



Gara-gara Daging Sapi Mahal, Banyak Pedagang Bakso Menganggur

Daging `Celeng` yang Marak di Jakarta Masuk dari Sumatera

Asosiasi Bakal Tindak Pedagang Bakso yang Pakai Daging Celeng



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini