Sukses

Buruh Siapkan Kado Tahun Baru untuk Jokowi-Ahok

Buruh mengaku telah mempersiapkan kado tahun baru istimewa untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang merupakan perwakilan dari suara para buruh di Indonesia mengaku telah mempersiapkan kado tahun baru istimewa untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Apa itu? Presiden KSPI Said Iqbal mengaku akan memberikan kado ke Joko Widodo dan Ahok berupa laporan gugatan ke Pengedilan Tata Usaha Negara (PTUN) di awal tahun nanti.

"Kita mau kasih kado tahun baru ke Jokowi dan Ahok, yaitu gugatan ke PTUN. Kita akan laporka itu tanggal 15 Januari (2014) nanti," ungkapnya di Jakarta, Senin (30/12/2013).

Laporan ke PTUN tersebut lebih berisi akan menggugat Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai Upah Minimum Provinsi (UMP) yang sudah di tandatangani beberapa waktu lalu.

Gugatan tersebut dimaksudkan untuk lebih mengingatkan kepada Jokowi mengenai penolakan upah murah buruh yang hingga saat ini juga belum terpenuhi.

"Jakarta itu merupakan kota yang realisasi kenaikan UMP nya paling rendah dibanding provinsi yang lain, hanya sekitar 10%," jelas Said.

Lebih kanjut menurut Said, gugatan ke PTUN ini juga nantinya akan diikuti oleh gugatan-gugatan serupa yang akan dilakukan di beberapa daerah selain DKI Jakarta.

"Ini nanti tidak dilakukan di DKI Jakarta saja, tapi ini nanri juga Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, akan kita lakukan gugatan yang sama, termasuk Jawa Tengah akan kita pertimbangan," tutupnya. (Yas/Ndw)

Baca juga:

November: UMP Diketok Jokowi, Buruh Mengamuk

Upah Buruh di Jakarta Mahal, 36 Pabrik Hijrah ke Jatim

Mau Bersaing di ASEAN, RI Harus Stop Ribut-ribut Upah Buruh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini