Sukses

Semen Indonesia Merajai Pangsa Pasar Penjualan Semen di Indonesia

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mencatatkan pangsa pasar mencapai 43,8%.

PT Semen Indonesia Tbk (Persero) (SMGR) mencatatkan kinerja yang menggembirakan dengan berhasil merajai market share penjualan semen di Indonesia pada 2013.

"Saat ini perusahaan dengan kode SMGR menguasai pasar domestik dengan market share sebesar 43,8%," ungkap Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/1/2013)

Hingga saat ini penjualan Semen Indonesia di pasar domestik dan ekspor hingga November 2013 mencapai 23,41 juta ton naik 14,6% dibanding tahun sebelumnya sebesar 20,43 juta ton. Untuk ekspor, ada kenaikan sebesar 335,3% menjadi 317,56 ribu ton  dibanding tahun sebelumnya sebesar 72,95 ribu ton.

Sedangkan penjualan hingga Desember 2013 diperkirakan mencapai 27,95 juta ton. Dengan rincian penjualan Semen Gresik sebesar 13.64 juta ton, Semen Padang 7,27 juta ton, Semen Tonasa 6,33 juta ton dan TLCC 2,29 juta ton.

”Capaian yang telah diperoleh Semen Indonesia menjadi market leader merupakan buah dari keunggulan produk yang dimiliki serta penerapan strategi pemasaran yang terpadu. Keberadaan Pelabuhan khusus serta Packing Plant yang tersebar diseluruh Indonesia juga sangat membantu dalam efisiensi terutama dalam hal," papar Dwi.

Perusahaan holding company dari Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa serta Thang Long Cement Vietnam ini telah memiliki 4 pabrik semen yaitu 3 lokasi pabrik di Indonesia yaitu Semen Padang di Sumatera, Semen Gresik di Jawa serta Semen Tonasa di Sulawesi.

Selain itu Semen Indonesia juga memiliki satu lokasi pabrik di luar negeri yaitu Thang Long Cement di Vietnam. Perseroan memiliki Cement Mill sebanyak 22 unit, packing plant 21 unit serta sarana perluasan jangkauan pasar yang ditunjang dengan keberadaan pelabuhan khusus (special sea port) semen yang dimiliki perseroan.

Pelabuhan itu dikatakan Dwi untuk menjamin kecepatan waktu bongkar muat semen. Saat ini, ada 11 pelabuhan khusus yang dimiliki perseroan, yaitu di Padang, Tuban, Gresik, Biringkasi, Dumai, Ciwandan, Banyuwangi, Sorong dan dua pelabuhan di Vietnam. (Yas/Ahm)

Baca Juga

Permintaan Semen Hanya Naik 6% pada 2014

Semen Indonesia dan Krakatau Steel Bangun Pabrik Rp 440 Miliar

Semen Indonesia Targetkan Volume Penjualan 27 Juta Ton




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.