Sukses

Ingin Harga BBM Murah, AKR Bangun Terminal BBM di Kawasan Timur

PT Aneka Kimia Raya (AKR) Corporindo berencana membangun fasilitas terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) di Bitung Sulawesi.

PT Aneka Kimia  Raya (AKR) Corporindo berencana membangun fasilitas terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) di Bitung Sulawesi.

Pembangunan ini merupakan upaya agar masyarakat Indonesia Timur membeli BBM dengan harga yang sama dengan Indonesia Barat.

"Kita terus berupaya menambah infrastruktur kita ke timur, sesuai arahan menteri. kita sekarang sedang membangun terminal di Bitung," kata Direktur AKR Corporindo, Jimmy Tandyo, di Jakarta seperti yang dikutip, Kamis (2/12/2013).

Jimmy mengatakan fasilitas terminal ini berkapasitas 30 ribu Kilo liter (Kl). Pembangunannya diperkirakan akan selesai pada kuartal ketiga tahun ini. "Kalau tahun ini selesai, kami akan terus ke Maluku dan Papua," tuturnya.

Dia mengatakan dengan pembangunan fasilitas ini akan mempermudah penyaluran BBM bersubsidi ke wilayah timur. Selanjutnya harga BBM bersubsidi di wilayah timur bisa sama dengan wilayah barat.

"Karena itu kita membangun fasilitas di Indonesia Timur, supaya kalau ada di sana harga bisa turun. selama nggak ada fasilitas kan ya susah," ungkapnya.

AKR mengaku telah menyalurkan BBM di beberapa provinsi, mulai dari Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Lampung, dan di Jawa.

Untuk tahun 2013, Jimmy mengaku AKR hanya bisa menyalurkan BBM bersubsidi sekitar 200 ribu Kl atau hanya 30% dari kuota yang diberikan oleh Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas bumi (BPH Migas).

"Jatah tahun ini 640 ribu Kl. sekitar 30%, kecil sekali karena kami harus bangun fasilitas dan SK baru kami terima pada pertengahan tahun," pungkas dia. (Pew/Nrm)

Baca juga:

Pertamina, Shell & Total, Siapa Jual BBM Termurah di Awal 2014?

Konversi BBM ke BBG, Pertamina Gandeng BUMD Jakarta

Kuota BBM Masih Sisa, Pertamina Hemat Subsidi Rp 8 Triliun


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini