Sukses

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Picu Pengoplosan

Kenaikan harga elpiji non subsidi ukuran 12 kilogram (kg) dipicu bakal memicu semakin maraknya aksi pengoplosan elpiji 3 kg ke 12 kg.

Kenaikan harga elpiji non subsidi ukuran 12 kilogram (kg) diprediksi bakal memicu semakin maraknya aksi pengoplosan elpiji 3 kg ke 12 kg.

"Semakin tinggi harga semakin menimbulkan disparitas antara harga gas ukuran 3 kg dengan 12 kg, karena bisa timbul yang oplosan yang 3 kg dipindahkan ke tabung 12 kg," tutur Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi  (YLKI), Tulus Abadi saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (2/1/2013).

Selain itu, permasalahan yang muncul berikutnya adalah perpindahan konsumen gas 12 kg ke gas elpiji bersubsdi ukuran 3 kg karena semakin tingginya disparitas harga. Dengan adanya migrasi ini, justru akan merugikan negara karena dana subsidi 3 kg yang digelontorkan semakin besar.

"Harga satu tabung Rp 100 ribu lebih, sementara ada yang lebih murah. Pengguna elpiji 12 kg akan turun sehingga membuat pemerintah menambah subsidi untuk 3 kg," tambahnya.

Untuk menghindari perpindahan konsumen tersebut, lanjut dia, sebaiknya Pertamina melakukan perubahan sistem distribusi yang tadinya terbuka menjadi sistem tertutup, sehingga gas elpiji 3 Kg yang disubsidi negara digunakan oleh orang yang berhak mendapatkannya.

"Aspek tata niaga, harus ada perubahan sisitem distribusi menjadi tertutup," jelas dia.

Sekadar informasi,  PT Pertamina (Persero) telah memutuskan untuk menaikkan harga elpiji non subsidi kemasan 12 kg menyusul tingginya harga pokok elpiji di pasar dan turunnya nilai tukar rupiah yang menyebabkan kerugian perusahaan semakin besar. Kenaikan tersebut dilakukan sejak 1 Januari 2014, dengan rata-rata kenaikan di tingkat konsumen sebesar Rp 3.959 per kg.

Baca juga:

Harga Elpiji Termurah Ada di Indonesia, Malaysia, Atau Thailand?

Beda dengan RI, Harga Elpiji di Filipina Justru Turun

Konsumen: "Kemarin Sudah Naik, Sekarang Naik Lagi?"

Harga Elpiji 12 kg Naik, Apa Alasan Pertamina?

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini