Sukses

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pertamina Gaet Polisi Buru Pengoplos Gas

Pertamina memastikan aksi pengoplosan gas elpiji 12 Kg merupakan tindak kejahatan yang mudah diketahui.

PT Pertamina (Persero) menyerahkan aksi pengoplosan gas elpiji oleh oknum agen nakal kepada pihak kepolisian. Keputusan pertama menggandeng aparat penegak hukum merupakan langkah antisipasi aksi pengoplosan yang diperkirakan marak setelah kenaikan harga elpiji 12 Kilogram (Kg).

"Pertamina akan bekerjsama dengan aparat Kepolisian," kata Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (2/12/2013).

Ali menjelaskan, aksi pengoplosan gas elpiji ukuran 3 Kg merupakan tidakan kriminal. Pertamina memastikan tidak akan ragu-ragu menjebloskan para pelaku pengoplosan gas ke ranah hukum. "Itu tidak kejahatan," tegasnya.

Untuk mendeteksi terjadinya pengoplosan, Pertamina dan aparat Kepolisian akan aktif melakukan penyisiran. Aksi pengoplosan elpiji diakui Ali merupakan tindakan kejahatan yang mudah diketahui.

"Kalau mendekteksi itu kerja aparat kepolisian, karena melanggar hukum," katanya.

Sebelumnya, Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi  (YLKI), Tulus Abadi mengaku khawatir dengan keputusan kenikan harga gas elpiji ukuran 12 Kg yang justru akan memicu permasalahan baru yaitu munculnya gas elpiji hasil oplosan.

"Semaikin tinggi harga semakin menimbulkan disparitas antara harga gas ukuran 3 Kg dengan 12 Kg, karena bisa timbul oplosan yang 3 Kg di pindah ke tabung 12 Kg," tuturnya. (Pew/Shd)

Baca juga:

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pemerintah Cuma Bisa Pasrah

Kenaikan Harga Elpiji 12 Kg Picu Pengoplosan

Harga Elpiji Termurah Ada di Indonesia, Malaysia, Atau Thailand?

Beda dengan RI, Harga Elpiji di Filipina Justru Turun

Konsumen: "Kemarin Sudah Naik, Sekarang Naik Lagi?"

Harga Elpiji 12 Kg Naik Mulai Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini