Sukses

BI: Jangan Cepat Puas Meski Inflasi Membaik

Bank Indonesia (BI) memperkirakan defisit neraca transaksi berjalan akan membaik pada 2014.

Meski sejumlah rilis data ekonomi cukup baik seperti inflasi tahun 2013 di bawah 9%, Bank Indonesia menegaskan agar semua pihak tidak cepat puas dengan pencapaian itu.

Badan Pusat Statatistik (BPS) telah mengumumkan hasil laporan kajian mengenai tingkat inflasi Indonesia sepanjang tahun 2013 mencatatkan angka 8,38 % dengan inflasi Desember 2013 sebesar 0,55%.

Meski angka tersebut di bawah perkiraan pemerintah yang sudah menetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara- Perubahan (APBN-P) 2013 sebesar 9%-9,8%.

"Karena dengan perkembangan dari neraca perdagangan, perkembangan inflasi, kami lihat ini satu perkembangan yang baik tapi jangan mudah puas, karena ini semua harus dijaga di tahun 2014 ini dengan baik, kalau ada perkembangan buruk juga jangan mudah putus asa," ungkap Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (3/1/2013).

Pada 2014, Agus menggaris bawahi satu hal yang perlu terus diperhatikan dan diharapkan akan semakin membaik adalah mengenai current account defisit/defisit transaksi berjalan.

"Kalau melihat di tahun 2014, kami harapkan bahwa isu penanganan current account deficit terus bisa diperbaiki, kala neraca perdagangannya membaik, jangan cepat puas," ujar Agus.

Sementara itu melihat situasi politik domestik yang pada 2014 akan diselenggarakannya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, Agus mengakui momen itu akan mempengaruhi capital inflow Indonesia. Ada kemungkinan penarikan dana asing masih terjadi pada 2014.

Pengurangan tersebut terjadi karena saat pemilu, Indonesia dihadapkan dengan kondisi ekonomi global yang mengarahkan pada perkembangan ekonomi negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

"Jadi secara umum dana-dana yang masuk ke negara-negara berkembang akan berkurang dan kami harus jaga bahwa pengelolaan ekonomi Indonesia baik dan sehat," kata mantan Menteri Keuangan RI itu. (Yas/Ahm)

Baca Juga:

Inflasi 8,38%, Apindo: Hati-hati Orang Miskin Bisa Lebih Miskin

BI: Inflasi Desember 2013 Terendah dalam 5 Tahun Terakhir

Neraca Perdagangan RI Surplus US$ 776,8 Juta



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini