Sukses

Kapal Pesiar Mewah Kian Rajin Berlayar ke Indonesia

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencatat semakin banyak kapal pesiar (cruise) mendatangi Indonesia kurun empat tahun terakhir.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencatat semakin banyak kapal pesiar (cruise) mendatangi Indonesia kurun empat tahun terakhir.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto menyatakan pihaknya mencatat tiap tahun terjadi kenaikan kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini.

Tahun 2010 lalu, ada 57 kapal pesiar yang datang, dan tahun 2011 ada 76 kapal, tahun 2012 naik menjadi 92 kapal.

“Tahun 2013 ini tercatat setidaknya terdapat 116 unit kapal pesiar yang datang ke pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo III atau terjadi peningkatan sebesar 26% dibandingkan tahun 2012 lalu”, ungkap Edi, Senin (6/1/2014).

Namun begitu, pelabuhan yang paling sering disambangi kapal pesiar mewah itu adalah pelabuhan Benoa di pulau Dewata, Bali. Selain itu juga ke Pelabuhan Lembar di Lombok dan ke Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

"Ketiga pelabuhan itu tersebut merupakan daerah wisata. Kalau ke Bali tentunya adalah mengunjungi Pantai Kuta serta destinasi wisata lainnya yang sudah terkenal di dunia. Sedangkan apabila ke Semarang mereka mau
ke Borobudur, adapun ke Lembar mereka mau ke Pantai Gili Trawangan," ujar Edi.

Dari jumlah ship call kapal pesiar pada 2013, Pelabuhan Benoa di Bali merupakan tempat terfavorit bagi operator cruise dimana telah tercatat sebanyak 41 unit kapal pesiar bersandar dipelabuhan tersebut dengan jumlah penumpang mencapai 41.650 orang.

Setelah itu Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat sebanyak 25 unit kapal pesiar yang mengangkut sebanyak 27.554 turis dan selanjutnya adalah Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah tercatat 19 unit kapal pesiar mengangkut sedikitnya 13.390 orang turis mancanegara.

"Walaupun masih relatif tertinggal di belakang Singapura dan Australia sebagai port of origin kapal pesiar, membaiknya jumlah kunjungan kapal pesiar ke Indonesia belakangan ini patut diapresiasi," kata Edi.

Pada 2012 lalu, tercatat ada 92 kunjungan kapal pesiar. Sementara tahun 2011, ada 76 kunjungan kapal pesiar yang datang ke pelabuhan Pelindo III Indonesia.Sedangkan di tahun 2010 ada 57 kunjungan kapal pesiar. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.