Sukses

Jual Elpiji Harga Lama, Agen Rugi Jutaan Rupiah

Agen menanggung kerugian hingga jutaan rupiah seiring kebijakan pemerintah dan PT Pertamina (Persero) menurunkan harga elpiji 12 kg.

Agen Elpiji resmi PT Satria Bakti Pertiwi memperkirakan bakal menanggung kerugian hingga jutaan rupiah seiring kebijakan pemerintah dan PT Pertamina (Persero) menurunkan harga elpiji 12 kilogram (kg) menjadi Rp 1.000 per kg.

Pasalnya, pihak agen membeli tabung gas tersebut dengan harga yang sebelumnya mengalami kenaikan hingga Rp 3.959 per kg.

"Kami beli gas elpiji 12 kg dari Pertamina sebesar Rp 116 ribu per tabung. Harga itu adalah harga yang sudah naik mencapai hampir Rp 4.000 per kg," ucap Staf Administrasi Satria Bakti Pertiwi, Indri saat disambangi Liputan6.com di lokasi agen yang terletak di bilangan Rawasari, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2014).

Dia mengungkapkan, pihaknya menjual tabung gas ukuran 12 kg seharga Rp 120 ribu per tabung ke pangkalan dan Rp 124 ribu kepada pengecer atau konsumen ritel untuk setiap tabungnya.

"Kalau misalnya harga turun, ya kami terpaksa besok menjual sesuai harga yang ditentukan Pertamina walaupun kami beli dengan harga mahal sebelumnya," keluh dia.

Dalam catatannya, Indri menyebut, ada 66 sisa tabung elpiji ukuran 12 kg yang masih tersegel menunggu pembeli. Jumlah itu telah berkurang dari stok hari ini sebanyak 180 tabung.

"Siang sampai sore ini sepi karena pembeli menunggu harga resmi yang mulai berlaku besok. Jadi sisa," ujarnya.

Dengan sisa sebanyak 66 tabung dan asumsi penurunan harga elpiji 12 Kg sebesar Rp 1.000 per kg, dia menghitung, pihaknya akan membukukan kerugian sekitar jutaan rupiah.

"Kalau diitung bisa sekitar lebih dari dua juta rupiah. Tapi mau bagaimana lagi kami tidak bisa berbuat apa-apa," katanya.

Indri mengaku, agen elpiji resmi ini mampu menyediakan pasokan elpiji 12 kg sebanyak dua truk dengan volume mencapai 290 tabung. Namun, jatah dari Pertamina untuk agennya sebanyak 360 tabung per hari.

"Kalau tidak diambil sekaligus, bisa diakumulasi hari berikutnya. Pokoknya kuota dari Pertamina untuk agen kami 360 tabung setiap hari," pungkasnya.(Fik/Nrm)

Baca Juga
Cuma Naik Rp 1.000, Bisnis Elpiji 12 Kg Pertamina Merugi Rp 6,5 T

Harga Elpiji Direvisi Naik Rp 12 Ribu/Tabung Mulai Nanti Malam


Pemerintah Terpaksa Intervensi Pertamina soal Harga Elpiji 12 Kg

Bos Pertamina dan Para Menteri Kumpul di BPK Bahas Harga Elpiji

Harga Elpiji 12 Kg Naik, Masyarakat Mulai Melirik Bright Gas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini