Sukses

TKI di Korea Rata-Rata Bergaji Rp 11 Juta per Bulan

Korea menjadi salah satu negara yang memberikan gaji besar kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Korea menjadi salah satu negara yang memberikan gaji besar kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Tak heran, negara ini menjadi salah satu yang menjadi tujuan favorit TKI selain negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat yang juga memberikan gaji cukup besar.

"Di Korea itu sekarang rata-rata TKI digaji Rp 11 juta per bulan dengan jam kerjanya 8 jam, umumnya mereka kerja lembur," ungkap Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat di kantornya, Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Pada tahun 2013 penempatan TKI ke Korea berjumlah 9.441 orang dengan total penempatan dari 2004 hingga 2013 telah mencapai 50.538 orang.

"Jumlah tahun lalu itu melampaui jumlah yang sudah diberikan pemerintah Korea yang berjumlah 7.300 orang," jelas Jumhur.

Pelampauan kuota TKI yang bekerja di Korea itu di ungkapkan Jumhur dikarenakan terdapat beberapa negara yang sudah diberikan kuota oleh pemerintah Korea namun tak mampu memenuhinya.

"September kan kita sudah terpenuhi itu yang 7.300, mungkin karena saat batas waktu yang sudah ditentukan ada negara lain yang tidak bisa mencapai kuota, jadi kita diberi kelonggaran," jelas dia.

Pemerintah Korea pada 2013 membutuhkan 60 ribu orang pekerja imigran yang dialokasikan ke 15 negara termasuk Indonesia.

Kini Indonesia secara jumlah telah mengungguli penempatan tenaga kerjanya ke Korea dari 14 negara pengirim yaitu Kamboja, Vietnam, Thailand, Filipina, Nepal, Srilanka, Myanmar, Uzbekistan, Mongolia, Bangladesh, Pakistan, Timor Leste, China dan Kirgistan. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini