Sukses

Siap Tidaknya Bandara Halim Ditentukan Hari ini?

Menhub dan jajaran pejabat Kemenhub bakal melakukan pengecekan terakhir kesiapan Bandara Halim menjadi Bandara komersial pada 10 Januari.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan hari ini mengagendakan pemeriksaan terakhir kesiapan Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma sebelum beropeasi menjadi bandara komersil terhitung mulai Jumat, 10 Januari 2014.

Dalam kunjungannya ini, Menhub bakal didampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti dan jajaran pejabat eselon I Kemenhub.

"Iya pak Menteri ikut pengecekan hari ini, pak Dirjen Perhubungan udara sudah datang," ujar Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhunungan Bambang S.Ervan di Bandara Halim Persanakusuma, Jakarta, Rabu (8/1/2013)

Dalam pemeriksaan akhir ini, Menhub akan mengecek semua kesiapan Bandara mulai dari fasilitas check in area, penunjang bandara, hingga kesiapan lainnya.

Pengecekan kali ini menentukan bisa tidaknya Bandara Halim Perdanakusuma beroperasi  sebagai Bandara komersial dalam dua hari ke depan. "Apakaha dinyatakan jadi, atau ditunda, itu masyarakat perlu mengetahuinya," pungkasnya.

Mengingat kondisi cuaca di Bandara Halim terus diguyur hujan, hingga pukul 11.45 WIB Menhub terlihat masih belum tiba di lokasi peninjauan dari jadwal semula pada pukul 10.00 WIB.

Diketahui sebelumnya PT Angkasa Pura II (AP) menyatakan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma tepat 10 Januari 2014 telah siap berubah status menjadi bandara komersial.

Pengukuhan tersebut merupakan langkah pemerintah mengurangi kapasitas Bandara Soekarno Hatta yang sudah kelebihan kapasitas atau over kapasitas.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tri Sunoko mengatakan bahwa Bandara Halim Perdanakusuma dapat menampung kepindahan maskapai penerbangan sekitar 10 maskapai penerbangan.

Namun hingga saat ini baru ada tiga maskapai yang menyatakan kesiapannya, yaitu PT Garuda Indonesia (GIAA), Citilink, dan Indonesia Airasia. Namun yang sudah menyatakan paling siap baru Citilink.

"Tadi sudah bertemu dengan Citilink dan mereka konfirmasi mulai terbang dari Bandara Halim 10 Januari 2014," kata Tri. (Yas/Shd)

Baca Juga:

Uji Coba Bandara Halim, Kemenhub Masih Tunggu Kesiapan Maskapai

Uji Coba Bandara Halim, 2 Pesawat Diterbangkan Mulai 10 Januari

Bandara Halim Komersil, Jokowi: Macet? Ndak Juga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.