Sukses

Daftar Rute Penerbangan yang Beralih ke Bandara Halim

Garuda Indonesia dan Air Asia akan efektif mengalihkan rute penerbangan ini pada Februari dan Maret 2014.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan secara resmi memastikan kesiapan Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusuma yang beroperasi menjadi Bandara komersial pada Jumat, 10 Januari 2014. Beroperasinya Bandara di timur Jakarta ini diharapkan bisa mengurangi kepadatan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) yang pernah dikeluhkan pangeran Inggris.

Pemindahan rute penerbangan dari maskapai dijadwalkan berlangsung secara bertahap. Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan fasilitas Bandara komersial ini. Selanjutnya, akan hadir penerbangan dari Garuda Indonesia pada Februari dilanjutkan oleh Air Asia pada Maret dan Lion Air pada bulan berikutnya.

"Kami lihat bulan pertama dulu, karena kalau Cilitlnk jalan, apakah nanti jalanan masuk sini (Bandara Halim) akan menjadi macet atau tidak, kalau kita buka semua nanti tidak ada persiapan menghadapi itu," ungkap Menhub di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/1/2013).

Hingga bulan Maret Kemenhub mentargetkan akan mampu memindahan 126 slot penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke Halim atau sekitar 10%-11%.

Berikut rencana daftar rute dari tiga maskapai penerbangan yang akan dialihkan dari Bandara Soetta ke Bandara Halim Perdanakusuma :

Citilink (Pesawat Airbus A320) - 10 Januari 2014
1. Rute Halim-Yogyakarta
2. Rute Halim-Semarang
3. Rute Halim-Malang

Garuda Indonesia (Boeing 737) - Februari 2014
1. Rute Halim-Surabaya
2. Rute Halim-Semarang
3. Rute Halim-Palembang
4. Rute Halim-Yogyakarta
5. Rute Halim-Pontianak.

Air Asia (Airbus A320) - Maret 2014
1. Rute Halim-Yogyakarta
2. Rute Halim-Medan
3. Rute Halim-Surabaya.
(Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini