Sukses

Menhub Mimpi RI Punya Bandara Layaknya London

Rencana pembangunan Bandara Karawang diharapkan bisa membantu Kemenhub mewujudkan mimpinya memiliki Bandara seperti di London, Inggris.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengaku bermimpi Indonesia bisa meniru Inggris yang memiliki dua Bandar Udara (Bandara) bertaraf internasional di ibukota negara.

Demi mewujudkan mimpinya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku tengah berusaha keras memperjuangkan pembangunan Bandara internasional baru di kota Karawang, Jawa Barat.

"Seperti di London itu ada dua lapangan terbang internasional yang berdekatan, kira-kira seperti itulah Soekarno Hatta dan Karawang yang saling mengisi, seperti itu. Kami harapkan itu jangka panjangnya," ungkap Menhub di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/1/2013).

Sebagai informasi, London saat ini memiliki dua Bandara internasional yang jaraknya tidak terlalu jauh.  Bandara Internasional Gatwick dan Bandara Internasional Heathrow selama ini terkenal sebagai salah satu Bandara yang memiliki rute cukup padat.

Menurut Mangindaan, upaya mewujudkan berdirinya Bandara internasional Karawang saat ini masih dalam proses negosiasi perizinan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami sudah siapkan secara jangka panjang untuk Karawang, kalau tidak ada masalah di Jawa Barat, Kami kembangkan lapangan terbang di Karawang," tegasnya.

Dengan berdiirnya Bandara tambahan tersebut, pemerintah berharap kepadatan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) dapat dikurangi. Bandara Soetta selama ini msuk sebagai salah datu Bandara tersibuk ke-9 di dunia versi Airport Council International. (Yas/Shd)

Baca Juga

126 Penerbangan Bandara Soetta Beralih ke Halim

Resmi, Bandara Halim Dibuka Komersil Dua Hari Lagi

Garuda Ajukan 10 Rute Penerbangan Pindah ke Bandara Halim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini