Sukses

BRI Kucurkan KUR Rp 87 Triliun Sepanjang 2013

BRI mengucurkan kredit usaha rakyat Rp 87 Triliun ke 9,2 juta nasabah sepanjang 2013.

Animo masyarakat atas Kredit Usaha Rakyat PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (KUR BRI) sangat tinggi selama 2013. Tercatat, hingga akhir 2013, posisi KUR BRI sudah menembus Rp 87 Triliun, dengan jumlah debitor mencapai 9,2 juta nasabah.
 
"Dibanding November 2013, realisasi ini meningkat Rp 2,4 triliun atau sebelumnya tercatat Rp 84,5 triliun," ungkap Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/1/2013)

Salah satu penyebabnya, akses nasabah makin mudah, baik secara infrastruktur maupun administratif. "BRI sudah masuk ke jantungnya pengusaha mikro melalui Teras BRI di sentra-sentra perdagangan dan bisnis," ujar Ali.

Ali mengatakan, potensi ini tak mungkin hanya digarap oleh Bank BRI sendirian. Peluang ini juga dapat digarap oleh perbankan lainnya, agar akses kredit ke masyarakat makin luas.

Meski demikian, Bank BRI akan terus memperkuat akses dan layanan kepada pengusaha mikro. Misalnya, pedagang atau pengusaha kecil sekarang tidak perlu meninggalkan dagangannya. "BRI akan melayani transaksi mereka secara langsung melalui electronic data capture (EDC)," ujar Ali.

Meski ekspansi KUR BRI cukup agresif, namun perseroan tetap berhasil mengelola kualitas kredit. Hal tersebut terlihat dari rasio kredit bermasalah atau non performing loan  (NPL) yang hanya sebesar  1,61%.

"Ini juga menunjukan keberhasilan pembinaan perusahaan atas pelaku usaha mikro," pungkas Ali.
 
Adapun KUR BRI terbagi atas KUR Ritel sebesar Rp 17 triliun dengan jumlah debitor 99 ribu dan KUR Mikro sebesar  Rp 69,9 triliun dengan jumlah debitor  sebanyak 9,1 Juta. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini