Sukses

Maskapai Perlu Persiapan Matang untuk Pindah ke Bandara Halim

Pemerintah mengimbau maskapai penerbangan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma.

Mulai beroperasinya Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersil mulai Jumat (10/1/2014) ini, diharapkan bisa mengurangi kepadatan penumpang dan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

Anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan dari dan menuju bandara ini dengan penerbangan perdananya ke Malang, Jawa Timur. Sedangkan kedatangan perdana menuju Halim berasal dari Palembang dan Yogjakarta.

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susanto memberikan pesan kepada operator baik dari maskapai maupun Bandara Halim agar tetap memberikan pelayanan yang terbaik sehingga bisa menyamai Bandara Soekarno-Hatta.

"Semangat melayani harus terus didorong, agar pelayanan untuk masyarakat tetap terjaga dengan baik," ujar Bambang saat memberikan sambutan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (10/1/2014).

Selain itu, Bambang juga menekankan koordinasi antar pihak terkait terutama menyangkut kesinambungan antar moda transportasi yang akan mempermudah perjalanan masyarakat baik dari dan menuju bandara.

"Bandara kan hanya sebuah titik, akan ada banyak yang datang dan berangkat dari sini, sehingga perpindahan antar moda transportasi harus terus diperbaiki. Jadi akses ke dan menuju bandara harus lebih ditata," lanjut Bambang.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan dengan perpindahan sebagian rute penerbangan dari beberapa maskapai diharapkan akan mengurangi tingkat kepadatan di Bandara Soekarno Hatta yang dalam per jam mencapai lebih dari 60 pergerakan pesawat, atau bahkan bisa 70 pergerakan pada jam-jam tertentu.

Namu dia juga mengatakan, setiap maskapai yang akan melakukan perpindahan penerbangan ke Halim tetap harus memperhitungkan secara matang sehingga maskapai tersebut tidak mengalami kerugian.

"Kami selalu mendukung apa yang dilakukan pemerintah, dan juga mendukung keinginan pemerintah untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta. Garuda juga akan memindahkan flight kesini, tetapi yang kami juga harus pikirkan sampai airline-airline ini mengalami kerugian," tandas Emirsyah. (Dny/Ahm)

Baca Juga:

Bandara Halim Resmi Beroperasi, Citilink Terbang Perdana Pagi Ini

Citilink Siap 100% Terbang dari Langit Halim Perdanakusuma

Citilink Targetkan 1 Juta Penumpang Terbang dari Bandara Halim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.