Sukses

Bandara Halim Cuma Beroperasi Komersial Selama 10 Tahun?

Operasional Bandara Halim Perdanakusuma akan dievaluasi setiap tahunnnya.

Beroperasinya Halim Perdanakusuma sebagai Bandar Udara (Bandara) komersial kemungkinan hanya bersifat sementara. Bandara di timur Jakarta ini nantinya akan kembali berfungsi sebagai pangkalan militer semata.

Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susanto menanggapi kemungkinan Bandara Halim Perdanakusuma yang hanya akan beroperasi sebagai Bandara komersial selama 10 tahun.

"Ya mungkin, jadi kita evaluasi tiap tahunnya," ujar Bambang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Bambang menjelaskan, kembalinya Halim menjadi Bandara militer hanya bisa terjadi jika pemerintah membangun Bandara baru di kawasan timur Jakarta. Selanjutnya, Halim akan berfungsi kembali sebagai Bandara yang khusus menerima kedatangan pesawat VVIP dan keperluan pertahanan.

"Kalau nanti sudah ada bandara baru, tentu akan difokuskan untuk hal-hal yang sebelumnya beroperasi disini, untuk VVIP dan kepentingan pertahanan," jelasnya.

Seperti diketahui, terhitung mulai hari ini, Bandara Halim Perdanakusuma sudah mulai melayani penerbangan komersial reguler. Maskapai penerbangan Citilink menjadi operator pertama yang menjajal Bandara yang baru saja naik status tersebut.

Pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma sempat mengalami kendala setelah adanya sejumlah penundaan jadwal penerbangan. Menurut jadwal  Citilink, yang semula akan diberangkatkan menuju Bandara Abdurrahman Saleh di Malang pada pukul 07.30 harus mengalami penundaan.

Citilink masih harus menunggu kedatangan pesawat dari Yogyakarta. Seharusnya pesawat dari Yogyakarta sudah mendarat sekitar pukul 07.00 WIB dan melanjutkan penerbangan ke Malang pukul 07.30 WIB.(Dny/Shd)

Baca Juga:

Bandara Halim Resmi Beroperasi, Citilink Terbang Perdana Pagi Ini

Citilink Terbangi 4 Kota dari Bandara Halim Hari Ini

Citilink Targetkan 1 Juta Penumpang Terbang dari Bandara Halim
Baca Juga:

Bandara Halim Resmi Beroperasi, Citilink Terbang Perdana Pagi Ini

Citilink Terbangi 4 Kota dari Bandara Halim Hari Ini

Citilink Targetkan 1 Juta Penumpang Terbang dari Bandara Halim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.