Sukses

5 Media Sosial Terbaik buat Berbisnis

Media sosial saat ini menjadi sarana yang paling efektif dalam memasarkan produk secara online.

Marketing atau pemasaran merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis. Untuk merebut hati para calon pembeli potensial, manajemen pemasaran di suatu perusahaan dituntut untuk selalu dapat mempromosikan produknya secara unik dan menarik.

Seperti dikutip dari The Richest, Senin (12/1/2014), promosi lewat media sosial saat ini menjadi sarana yang paling efektif dalam memasarkan produk secara online. Gambar-gambar cantik serta sejumlah video menarik mengenai sebuah produk ditampilkan secara online guna menarik hati konsumen.

Para pengguna media sosial akan lebih mudah melihat dan memilih berbagai merek yang dihadirkan perusahaan. Hasilnya, berikut lima situs media sosial terbaik untuk berbisnis:


1. Youtube

Video berdurasi 3 miliar jam ditonton per bulan.

Saat ini Youtube dianggap sebagai situs media sosial paling penting dan populer di dunia. Berbagai stasiun televisi, perusahaan produsen film, distributor rekaman dan perusahaan lain menggunakan Youtube untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Keterbukaan yang diberikan Youtube membuat siapapun dan perusahaan apapun bebas memasang video apapun di situs tersebut. Secara akumulatif, video berdurasi 3 miliar ditonton penonton dari seluruh pelosok dunia setiap bulannya.

Selain itu, Youtube juga menyediakan space iklan bagi perusahaan yang berniat menggunakannya. Dengan begitu, iklannya dapat muncul di depan sebelum seseorang membuka video yang dinginkannya.


2. Pinterest

Situs yang diramaikan dengan 70 juta pengguna ini telah sangat populer dalam tiga tahun terakhir. Diluncurkan pada 2010, jaringan ini menjadi situs paling penting bagi para riteler dan banyak penggunanya adalah pengusaha.

Desainnya yang menarik telah membuat Pinterest dianggap sebagai salah satu situs pemasaran terbaik di dunia. Situs tersebut dikabarkan menghasilkan total nilai penjualan melebihi Facebook meskipun jumlah penggunanya lebih sedikit.


Pinterest saat ini didominasi penduduk wanita. Setiap harinya terdapat sekitar 5 juta pin yang dipasang pelanggan. Hingga Oktober lalu, nilai jual Pinterest mencapai US$ 3,8 miliar.



3. Facebook

Salah situs yang mudah diakses ini menjadi sangat populer sebagai jejaring sosial. Media sosial ini memiliki pengguna paling banyak di dunia. Harga iklannya ditentukan dengan jumlah klik yang diterima dan harganya juga terjangkau.

Para pengguna Facebook juga menyukai laman bisnis yang disediakan situs tersebut. Mempromosikan barang lewat Facebook merupakan salah satu cara terbaik yang digunakannya untuk memperoleh banyak pelanggan. Setiap bulannya, Facebook memiliki 1,19 miliar pengguna aktif.



4. Instagram

Instagram merupakan media sosial di mana para penggunanya dapat berbagi foto atau video dengan para pengguna lain melalu perangkat mobile yang dimilikinya. Instagram menawarkan para penggunanya pengambilan gambar berkualias tinggi dan menambahkan filter pada foto-foto yang diambilnya.

Dengan menambah hastag, para pengguna Instragram dapat menerima gambar lain yang memiliki hastag yang sama. Tersedia juga tempat untuk saling berkomentar pada foto pengguna Instagram lain.

Penggunaan Instagram terkenal cepat dan mudah untuk meraih para calon pembeli potensial dengan menggunakan smartphone yang dimilikinya. Pemasaran secara mobile tersebut sangat penting dan patut dipertimbangkan. Terlebih lagi, setiap bulannya Instagram memiliki 150 juta pengguna aktif.



5. Vine

Media sosial ini termasuk baru dan merupakan tempat di mana video berdurasi pendek dapat dibagikan pada para pengguna lain. Vine merupakan tempat yang baru bagi para komedian untuk memasarkan lawakannya.

Banyak video yang sangat lucu dan hebat dapat dipamerkan melalui Vine. Video-video lucu dalam Vine juga menerima empat kali lipat page view lebih banyak dari video pemasaran biasa. Keunggulannya, video Vine tidak hanya ditayangkan secara inline tetapi juga dapat menjadi iklan di televisi. Vine merupakan salah satu jaringan sosial media yang dapat menjangkau semua kalangan bisnis. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini