Sukses

Kebijakan RI Hebohkan Harga Komoditas Dunia

Kebijakan larangan ekspor mineral telah membuat geger harga komoditas dunia. Apa saja yang terpengaruh?

Kebijakan penerapan Undang-undang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang berdampak pada pelarangan ekspor mineral mentah ke luar negeri mulai diberlakukan pada Minggu, 12 Januari 2014. Tak perlu waktu lama, kebijakan Indonesia tersebut langsung berdampak pada melonjaknya harga nikel dunia.

Seperti mengutip laman Bloomberg, Senin (13/1/2014), harga nikel dunia melonjak sebesar 2,4% menjadi US$ 14.190 per metrik ton di London Metal Exchange. Harga tersebut merupakan yang tertinggi sejak perdagangan pada 30 Desember.

Saat itu harga nikel masih diperdagangkan di level US$ 14.135 per metrik ton pada pada pukul 4.07 sore waktu Singapura. Sementara saham-saham Nickel Asia juga tercatat melonjak hingga 5,7% dan merupakan yang tertinggi sejak Juli 2013.

Larangan ekspor nikel, jika dilakukan secara menyeluruh dapat mendorong pasar global ke level defisit pada 2015. Jika benar terjadi, Barclays Plc menilai kondisi tersebut akan menjadi defisit pertama sejak 2010 seiring dengan penurunan pasokan nikel pig iron (NPI) di China.

Para analis mineral memproyeksi harga nikel yang digunakan pada logam stainless steel dapat melambung hingga US$ 15.000 per ton tahun ini dan US$ 17.000 per ton pada 2015.

Pengetatan Undang-undang Minerba 2009 dilakukan guna meningkatkan proses dan industri pengolahan mineral mentah di dalam negeri. Aksi pembatasan ekspor mineral mentah Indonesia pertama kali dilakukan pada 2012 dan menghadapi sejumlah tantangan hukum.

Akibatnya, teradapat banyak sekali peraturan yang tumpang tindih dalam penerapannya dan menyebabkan banyak ketidakpastian kegiatan ekspor ke depannya.

Sementara itu, sejauh ini, Indonesia diketahui memasok 18% dari 20% pasokan nikel global, 9% dari 10% alumunuim dari bauksit dan 3% tembaga di dunia.(Sis/Shd)

Baca Juga

Bea Keluar Ekspor Mineral Mentah Naik Bertahap Jadi 60%

Perusahaan Australia Nikmati Untung Larangan Ekspor Mineral RI

Pemerintah Dituding Anak Emaskan Freeport dan Newmont

RI Rela Duit Melayang daripada Bijih Mineral Diekspor Gila-gilaan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.