Sukses

8 Merek Mobil dengan Pelanggan Paling Setia

Polk kembali merilis daftar merek mobil dengan pelanggan paling setia. Apakah mobil Anda termasuk salah satunya?

Ford Motor Co., sukses menembus peringkat pertama di ajang penghargaan merek mobil dengan pelanggan paling setia, Polk Automotive Loyalty Awards for 2013. Penghargaan ini merupakan bukti kekuatan perputaran bisnis yang dimotori CEO Ford Alan Mulally mengingat produsen mobil tersebut terus berjuang untuk keluar dari resesi hingga tahun lalu.

Seperti dikutip laman 247wallst.com, Kamis (16/1/2014) Ford sukses merebut prestasi tertinggi dengan memenangkan penghargaan untuk kategori Loyalty to Manufacturer dan Loyalty to Make. Ford berhasil mempertahankan dua penghargaan yang dimenangkannya di tahun sebelumnya.

Perusahaan penyedia data otomotif dan solusi pemasaran unggulan, Polk yang berperan sebagai penyelenggara ajang penghargaan tersebut memaparkan, proses penilaian kali ini dilakukan berdasarkan kegiatan pembelian model mobil teranyar di tahun tertentu dan kesadaran para produsen untuk meningkatkan pengawasan terhadap ketahanan kendaraan yang dibeli para pelanggannya.

Diungkapkan perusahaan global tersebut, Ford mampu memenuhi dua aspek penting dalam membangun dan mengelola pangsa pasarnya. Para pemilik mobil Ford juga mengaku memiliki berbagai pengalaman positif yang mendorongnya untuk membeli kendaraan lain dengan model yang sama.

Secara teori, orang-orang yang kembali untuk merek atau mobil yang sama berulang kali akan memperoleh biaya yang lebih murah dibandingkan mendapatkannya dari merek lain. Jika konsumen merasa puas, raturan ribu orang akan meyakini kualitas untuk produk-produk dari perusahaan yang sama.

Tentu saja, saat memerlukan mobil baru, para konsumen akan datang kembali ke perusahaan yang sama seperti apa yang terjadi pada Ford.

Meski Ford menggapai prestasi tertinggi, tetapi penghargaan untuk model individu masih didominasi  Toyota Motor Corp dan Mercedes.  Di antara merek mobol yang menerima paling banyak penghargaan, Mercedes berhasil mengantarkan empat modelnya sebagai juara yaitu Mercedes-Benz C-Class, E-Class, SL-Class dan G-Class.

Perusahaan mobil asal Jerman itu memperlihatkan performa yang luar biasa untuk kategori model kendaraan mewah. Sementara Lexus Toyota memboyong tiga kemenangan dari model RX, LS dan CT200H.

Selain ketiga merek mobil tersebut, tak ada lagi perusahaan kendaraan roda empat yang berhasil merebut lebih dari dua gelar juara. Tampaknya benar, dalam sebagian besar program penghargaan, kualitas dan daya tarik menjadi indikator utama.

Tengok saja bagaimana Toyota menempatkan banyak moedel mewahnya Prius , Avalon , Tacoma dan Land Cruiser  yang dikombinasikan dengan merek mewahnya Lexus.

Pemenang lainnya  adalah Cadillac , yang memenangkan kategori `Most Improved Loyalty to Make`. Rupanya Cadillac mampu merebut beberapa pelanggan dari pasar merek mewah  lainnya.

Berikut adalah daftar 8 jenis mobil dengan pelanggan paling setia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini