Sukses

10 Perusahaan Global Terbaik untuk Bekerja (I)

Beberapa hal yang dianggap sepele kadang justru menjadi penarik pekerja tetap berlama-lama bekerja di satu tempat.

Tak cukup gaji besar maupun fasilitas mewah yang membuat pekerja betah tinggal di satu perusahaan. Beberapa hal yang dianggap sepele kadang justru menjadi penarik pekerja tetap berlama-lama bekerja di satu tempat.

Dengan kondisi itu, bisa dikatakan pekerja melihat perusahaannya merupakan tempat yang tepat untuk bernaung hidup.

Melansir laman Money.CNN.com, Sabtu (18/1/2014), Majalah Fortune melansir 10 perusahaan global yang terpilih sebagai tempat bekerja terbaik di dunia.

Ternyata Google, masih menempati urutan pertama sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja. Perusahaan ini tak beranjak dari posisinya pada tahun lalu.

Ingin tahu apa keunggulan yang dimiliki Google dan 9 perusahaan lainnya sehingga terpilih sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja, simak penjelasannya.

Berikut 10 perusahaan global yang menjadi tempat kerja terbaik di dunia:

1. Google

Ranking sebelumnya: 1
Pendapatan tahunan : US$ 50,175 miliar
Kantor pusat: Mountain View
Jumlah pekerja : 42.162 orang

Apa yang membuatnya begitu hebat?.

Saham Google tercatat naik hingga melewati US$ 1.000 pada 2013. Kondisi ini ternyata menguntungkan para pekerja karena sebagian dari mereka merupakan pemegang saham.

Meski begitu, CEO Google, Larry Page meminta pekerjanya lebih murah hati. Sebagai bentuknya, Google menyumbangkan US$ 50 per lima jam  bagi pekerja magang perusahaan.

Bahkan pada tahun lalu, ada sebuah program baru dengan mengirimkan pekerja ke Ghana dan India untuk menjalankan proyek masyarakat.
2. SAS

Ranking sebelumnya: 2
Pendapatan tahunan: US$ 2,870 miliar
Kantor pusat: Cary
Jumlah pekerja: 6.588 orang

Apa yang membuatnya begitu hebat?

Karyawan pengembang perangkat lunak ini memiliki jasa pelayanan kesehatan yang juga terbuka bagi anggota keluarga pekerjanya.

Fasilitas ini memiliki 53 staf medis dan pendukungnya, termasuk 11 perawat praktisi, tiga dokter keluarga, tiga ahli diet terdaftar, 11 perawat, lima teknisi laboratorium, psikolog, dan tiga terapis fisik.

3. The Boston Consulting Group

Ranking sebelumnya: 4
Pendapatan tahunan: US$ 3.700 juta
Kantor Pusat: Boston
Jumlah pekerja: 2.552 orang

Apa yang membuatnya begitu hebat?

Perusahaan konsultan strategi ini merayakan 50 tahun bisnisnya pada Juni lalu melalui siaran global khusus. Pada perayaan ini, setiap orang menerima patung meja interaktif terinspirasi kutipan favorit pendirinya, Bruce Henderson.

"Archimedes mengatakan jika ia diberi cukup lama untuk hidup dan berdiri, ia bisa menggerakkan dunia. Kami memiliki tempat untuk berdiri, yakni di BCG."


4. Edward Jones

Ranking sebelumnya: 8
Pendapatan tahunan: US$ 5,027 miliar
Kantor pusat: Saint Louis
Jumlah pekerja : 38.015 orang

Apa yang membuatnya begitu hebat?.

Perusahaan jasa keuangan terbesar keempat di Amerika Serikat (AS) ini menjadi saingan Starbuck khususnya dalam jumlah kepemilikan cabang. Tahun lalu bahkan mereka mampu menambah 3.000 karyawan yang bergabung dengan jaringan penasihat keuangan.

Jumlah pekerja yang keluar dari perusahaan hanya di bawah 8% dan lebih dari sepertiga penasihat perusahaan berusia lebih dari 50 tahun.

5. Quicken Loans

Ranking sebelumnya: 13
Pendapatan tahunan: Tak Diketahui
Kantor Pusat: Detroit
Jumlah pekerja: 8.386 orang

Apa yang membuatnya begitu hebat?

Pemberi pinjaman hipotek ini bertekad untuk  menarik lebih banyak tenaga kerja dari wilayah Michigan. Sebuah job fair yang digelar baru-baru ini di pusat Kota Detroit mampu menarik 2.500 pelamar untuk 500 pekerjaan.

Perusahaann juga bermitra dengan daerah untuk menawarkan insentif kepada karyawan yang bersedia pindah ke kota, termasuk US$ 20 ribu dana pinjaman rumah. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.