Sukses

PGN Klaim Jual Gas Jauh Lebih Murah dari Elpiji Pertamina

PGN mengaku tengah membangun sejumlah saluran pipa gas yang akan mengalirkan langsung ke rumah tangga.

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akan membangun jaringan pipa gas untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dengan menggunakan gas pipa tersebut masyarakat akan dapat harga gas lebih murah dari gas elpiji 12 Kilo gram (Kg).

Head Of Corporate Communication PGN Ridha Ababil mengatakan, saat ini PGN sedang mengembangkan 3 ribu jaringan sambungan baru gas pipa untuk kebutuhan rumah tangga.

"Kami kembangkan 3.000 sambungan baru jaringan rumah tangga, terutama di wilayah yang ada jaringan pipa PGN. Jakarta, Tanggerang Banten, Serpong, Bogor, Bekasi, terus di Karawang," Kata Ridha, di Kantor PGN, Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Ridha mengklaim masyarakat pengguna gas pipa dari PGN akan mendapat harga yang lebih murah ketimbang gas elpiji. Dari perhitungan PGN, harga jual gas pipa mencapai Rp 2.900 per kilogram setara Elpiji.

Pembangunan jaringan pipa PGN diketahui sudah dimulai sejak awal tahun ini. Proses pembangunan dilakukan secara bertahap. PGN hari ini bahkan berencana memasang pasokan gas lewat pipa di Menteng, Pasar Baru, dan Klender Jakarta.

PGN direncanakan membangun sedikitnya 1.800 sambungan pipa gas di wilayah Jawa Barat, 900 unit di Jawa Timur 200 unit di Medan, dan 100 unit di wilayah Batam.

Selain sabungan gas untuk rumah tangga, perusahaan juga akan membangun secara bertahap Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) berjumlah 16 unit. PGN menargetkan bisa membangun 5 unit SPBU dalam tiga bulan  ke depan yang tersebar di wilayah seperti Bogor, Sukabumi, Jakarta Barat, Surabaya. (Pew/Shd)

Baca juga

Ini Keuntungan Pertamina Akuisisi PGN

Ingin Disebut Negara Maju, RI Perlu Ganti Elpiji Jadi Pipa Gas

Medan Jadi Saksi Mega Proyek Jalur Pipa Arun-Belawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.