Sukses

Benahi Infrastruktur, Manado Butuh Guyuran Dana Rp 75 Miliar

Banjir bandang yang menerjang Manado dua pekan lalu menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur jalan dan jembatan.

Banjir bandang yang menerjang Manado dua pekan lalu menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur jalan dan jembatan. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memperkirakan kebutuhan dana untuk memperbaiki infrastruktur di Manado mencapai Rp 75 miliar.

"Untuk penanganan mendesak jalan dan jembatan di Manado, dibutuhkan dana sebesar Rp 45 miliar," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjantodi  di Kantor Kementerian PU, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Namun dia menjelaskan, dana tersebut masih belum cukup untuk membenahi kedua jenis infrastruktur yang rusak parah akibat dihantam banjir. Pemerintah dianggap perlu menyediakan anggaran lain guna mencapai pembenahan secara cepat dan menyeluruh.

"Jumlah tersebut (dana bantuan Rp 45 miliar) masih perlu didukung dengan anggaran tanggap darurat (paska bencana) sebesar Rp 30 miliar," jelasnya.

Sementara itu, perbaikan mendesak perlu segera dilakukan pada jalan dan jembatan boulevard yang mengalami kerusakan pada wing wall dan plat injak. Sejauh ini, terdapat 16 dari 32 titik di jalur Mamado-Tomohon yang perlu segera mendapatkan penanganan.

"Perbaikan juga diperlukan di ruas jalan Airmadidi-Tondano, Manado-Tumpuan, Tomohon-Kawangkoan serta Ring Road," terangnya. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.