Sukses

Guru Dapat Prioritas Utama Penerimaan CPNS Honorer K2

Kementerian PAN-RB juga mendesak Pemda untuk meningkatkan kualitas para pendidik yang sebagian besar berijazah SMA dan D3.

Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari jalur honorer pada tahun ini bakal mengutamakan pelamar dari profesi guru. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengungkapkan pelamaran lowongan Calon PNS Honorer K2 tahun lalu mencapai 600 ribu pelamar.

"Peserta TKB ini ternyata peserta yang ikut tes honorer 600 ribuan, dari situ ada sekitar 40% atau 250 ribu memang pelamar pendidik," ungkap Azwar di kantornya, Rabu (29/1/2014).

Kuota penerimaan PNS dari jalur honorer tahun ini hanya sebanyak 218 posisi. Dari jumlah tersebut, 100 kuota akan dikhususkan untuk tenaga pendidik atau guru.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu wilayah tertentu, Kemenpan RB juga mewajibkan Pemerintah Daerah kembali menyekolahkan para tenaga pendidik yang dinyatakan diterima senagai tenaga Honorer. Mayoritas tenaga pendidik di daerah hanya mengecap pendidikan hingga SMA dan D3.

Selain tenaga pendidik, posisi tenaga honorer yang akan direkrut adalah tenaga kesehatan dan teknis, penyuluh, serta tenaga administrasi.

Azwar mencatat setidaknya terdapat 3% dari total pelamar melamar sebagai tenaga kesehatan dan teknis. Sementara untuk pelamar jabatan penyuluh kurang dari 1%.

"Sebenarnya pelamar paling banyak itu malah berasal dari tenaga administrasi yang mencapai 55% atau sekitar 330 ribu pelamar," jelas Azwar. (Yas/Shd)

Baca juga

Australia Tawarkan Beasiswa buat PNS RI, Berminat?

Pengumuman CPNS Honorer Diundur Jadi 5 Februari 2014

Alasan Mundurnya Pengumuman CPNS K2 untuk Tenaga Honorer



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.