Sukses

Apa Kata Bos Freeport AS Usai Bertemu Menkeu Selama 2 Jam

Presiden perusahaan induk Freeport McMoran and Gold Inc Amerika, Richard Adkerson bertemu dengan Menkeu.

Rangkaian kunjungan CEO dan Presiden perusahaan induk Freeport McMoran and Gold Inc Amerika, Richard Adkerson dan Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B Soetjipto menemui pemerintah berakhir pada rapat internal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menurut pantauan Liputan6.com, rapat antara dua bos besar Freeport dengan Menteri Keuangan Chatib Basri berlangsung hampir dua jam. Dimulai pukul 18.30 WIB dan berakhir pada pukul 20.00 WIB pada Rabu (29/1/2014) malam.

Sayang ketika diburu oleh awak media, Richard maupun Rozik masih memilih bungkam mengenai maksud dan tujuan menemui mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu.

Meski tak banyak bicara, Richard terlihat menebar senyum kepada para wartawan dan hanya menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan cukup baik dengan Chatib Basri.

"Saya kan sudah sampaikan tadi siang, tapi pertemuan hari ini sangat baik," ujarnya sambil tergesa-gesa meninggalkan kantor Kemenkeu, Jakarta.

Sementara Rozik enggan berkomentar apapun seputar hasil pertemuan dengan Menteri Keuangan Indonesia. "Saya sudah sampaikan tadi siang," tegas dia.

Untuk diketahui, Richard sebelumnya menyambangi kantor Menteri Perindustrian MS Hidayat sore tadi. Hidayat mengungkapkan, pihak Freeport mau membangun smelter atau pabrik pemurnian di Indonesia asal diberi keringanan bea keluar.

"Jadi dia bersedia membangun smelter jika mendapat relaksasi BK. Lalu saya bilang tidak bisa. Saya suruh datang ke Pak Hatta Rajasa (Menteri Perekonomian) dan Pak Chatib Basri (Menteri Keuangan)," tandas dia.(Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.