Sukses

Ketemu Menkeu, Bos Freeport AS Tanya Aturan BK Mineral

Menteri Keuangan Chatib Basri bertemu dengan CEO dan Presiden perusahaan induk Freeport McMoran and Gold Inc Amerika, Richard Adker.

Pertemuan antara Menteri Keuangan Chatib Basri dengan CEO dan Presiden perusahaan induk Freeport McMoran and Gold Inc Amerika, Richard Adkerson masih mengundang tanda tanya besar.

Sebab Chatib tak menjelaskan secara gamblang mengenai permintaan perusahaan tambang raksasa itu untuk merelaksasi kebijakan bea keluar (BK) sebesar 60% secara gradual.

Usai rapat dengan Richard di kantor Kementerian Keuangan, Chatib justru menghindar dari awak media yang sudah menunggunya sejak lama. Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini memilih meninggalkan kantor melalui basement.

Saat diburu terkait hasil pertemuannya dengan bos besar Freeport, Chatib mengatakan, perusahaan tambang itu hanya menanyakan soal kebijakan BK.

"Dia (Freeport) cuma tanya seperti apa policy-nya (BK). Cuma itu yang dibicarakan. Sudah besok saya akan bicara banyak," ucap dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Sekadar informasi, Richard menghendaki kegiatan atau bisnis Freeport berjalan normal tanpa ada batasan aturan apapun, termasuk pajak dan bea keluar mineral olahan.

"Pak Hidayat (Menteri Perindustrian) mengatakan regulasi ini merupakan wewenang di Kementerian Keuangan," ucapnya. (Fik/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.