Sukses

Ekspansi Bisnis, Pegadaian Bangun 5 Hotel Tahun Ini

PT Pegadaian berencana membangun lima hotel di Yogyakarta, Solo, Surabaya, Makassar dan Pekanbaru.

PT Pegadaian (Persero) bakal terus mengembangkan sayap bisnis di sektor properti. Rencananya, pada tahun ini, perusahaan pelat merah itu akan membangun lima hotel.

Direktur utama Pegadaian Suwhono mengaku telah menyiapkan dana belanja modal untuk perusahaannya mencapai Rp 700 miliar. Menurut dia, sebagian besar dana itu akan dialokasikan untuk pembangunan kelima hotel tersebut.

"Untuk bangun 5 hotel itu ada di Yogyakarta, Solo, Surabaya, Makassar dan Pekanbaru," ungkapnya saat ditemui di kantornya, Kamis (30/1/2014).

Pengelolaan hotel ini nantinya akan diserahkan ke anak perusahannya yang saat ini masih dalam proses persetujuan pemegang saham.
Menurut Suwhono, seluruh hotel tersebut nantinya akan dibangun di lahan milik perusahaan, sehingga tidak perlu dana tambahan untuk pembebasan lahan.

"Satu hotel nanti sekitar Rp 80 miliar, itu dibangun di lahan milik pegadaian," tegasnya.

Demi menjalankan sinergi anatar BUMN, Suwhono mengaku telah bekerjasama dengan perusahaan konstruksi milik pemerintah sebagai kontraktor yaitu Hutama Karya dan Waskita.

Mengingat sektor properti ini masih dalam tahapan penjajakan bisnis, Suwhono tidak akan terlalu berharap banyak dari kosntribusi hotel terhadap pencapaian laba Pegadaian nantinya. Perseroan menargetkan kontruksi liam hotel itu ditargetkan bisa tuntas pada 2014. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.