Hasil Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan Hari Ini

By Nurseffi Dwi Wahyuni

on Feb 05, 2014 at 06:02 WIB

Pemerintah bakal mengumumkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur tenaga honorer kategori II (K2) pada hari ini, Rabu 5 Februari 2014.

Berbeda dengan jalur biasa, pengumuman hasil CPNS dari golongan honorer ini bersifat final. Artinya peserta tes akan langsung ditentukan lolos tidaknya sebagai CPNS.

Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) hanya akan mengumumkan nama dan nomor peserta yang lolos seleksi.

"Karena ada sebanyak 600 ribu tenaga honorer kategori II. Tidak mungkin diumumkan semua,” ungkapnya seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (5/2/2014)

Bima menjelaskan, kemungkinan pengumuman hasil seleksi CPNS honorer baru bisa dilihat Rabu siang.  Selanjutnya, nanti semua dokumen akan diserahkan ke daerah atau instansi  masing-masing seperti halnya hasil tes jalur umum.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menyebutkan, penentuan lulus tidaknya hasil tes CPNS kategori tenaga honorer K2 itu dilakukan berdasarkan passing grade (nilai ambang batas). Namun passing grade satu daerah dengan daerah lain tidak sama. 

“Panselnas menerima masukan dan aspirasi dari berbagai daerah. Selain itu, ada juga afirmasi,” jelasnya.

Tak hanya passing grade, beberapa pertimbangan lain yang menjadi penentu kelulusan misalnya masa kerja dan usia. Penentuan kelulusan juga melihat kebutuhan pegawai dalam formasi jabatan yang akan diisi. Bidang tugas dan wilayah penugasan dari tenaga honorer itu sendiri juga menjadi pertimbangan

Untuk tenaga pendidik, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh yang masa kerjanya lebih lama dan usianya lebih tua, masing-masing diberikan tambahan skor, sedangkan untuk tenaga administrasi tidak diberikan.

Azwar memberi contoh, pegawai yang mendapat SK pada tanggal 1 Januari 2005, tidak mendapat tambahan skor. Tapi untuk tahun dibawahnya seperti 2001-1999 akan mendapat tambahan skor. “Makin lama mengabdi di suatu instansi, makin besar tambahan skornya,” kata Azwar.

Rencananya hasil tes CPNS Honorer K2 bakal diumumkan di website Liputan6.com sebagai media partner KeMenPAN-RB. Untuk mencari tahu apakah Anda lolos atau tidak? Anda bisa mengaksesnya di  cpns.liputan6.com. (Ndw)


Baca juga


Masa Kerja Jadi Nilai Tambah Peserta Tes CPNS Honorer

Tak Lolos Ujian CPNS, Bagaimana Nasib Tenaga Honorer?

Ini Faktor Penentu Diterima Tidaknya Honorer K2 Jadi CPNS

Ingat! Hasil Tes CPNS Honorer Diumumkan Besok

Credit Ndw

Suka artikel ini?
Nurseffi Dwi Wahyuni
Nurseffi Dwi Wahyuni

  Full bio »

16 Comments

  • dita_ernawati

    Dita Erna Wati; Lolos PNS Guru di lingkungan Surabaya) Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar SURABAYA 10 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, dan membayar 40 jt namun hasilnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk HARIANTO Selaku petinggi di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Berkas saya melalui Email, alhamdulillah No Nip dan SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada : 1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk.Drs.HARIANTO SH.M.SI beliau selaku Kepala tim pengadaan CPNS BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk Drs HARIANTO Tlp; 0823-7041-2888 Siapa tau beliau mau bantu anda. ..............