Sukses

Investasi di Sektor Migas, Capitalinc Cari Dana Rp 2,78 Triliun

PT Capitalinc Invesment Tbk berpotensi meraup dana sekitar Rp 2,78 triliun lewat penawaran umum terbatas untuk mengakuisisi saham Owen.

PT Capitalinc Invesment Tbk  (MTFN) akan melakukan penawaran umum terbatas atau rights issue dengan mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Target dana yang akan diraup dari rights issue ini mencapai Rp 2,78 triliun.

Perseroan yang bergerak di bidang investasi pada perusahaan lain dan perdagangan umum ini akan menawarkan 27,83 miliar saham seri C dengan nilai nominal Rp 100. Harga pelaksanaan rights issue sebesar Rp 100.

Dalam pelaksanaan right issue itu, setiap pemegang saham biasa seri A dan B yang memiliki 18 saham berhak untuk memiliki 125 HMETD. Dana hasil rights issue antara lain digunakan untuk mengakuisisi 100% saham Owen yang dimiliki Densel Ventures Ltd dan OG Resources Limited. Sisanya untuk modal kerja perseroan dan entitas anak.

Perseroan merogoh dana US$ 225 juta untuk mengambilalih sekitar 93,48% saham Owen. Langkah perseroan untuk mengakuisisi saham Owen itu untuk fokus pada kegiatan investasi di sektor minyak dan gas (migas) sehingga memberikan kontribusi pendapatan dan nilai tambah bagi pemegang saham.

Adapun Owen adalah pemilik 49% saham EMP International Ltd (EIBL), dan EIBL merupakan pemilik 100% saham EMP ONWJ Ltd. Pembelian saham Owen ini telah dilakukan melalui conditional share sale and purchase agreement pada 30 Januari 2014.

Sementara itu, PT Samuel International akan bertindak sebagai pembeli siaga. Bila pemegang saham lama tidak mengeksekusi pelaksanaan rights issue ini maka pembeli siaga akan menyerap right issue itu.

Adapun pemegang saham lama yang tidak melaksanakan haknya maka berpotensi mengalami penurunan persentase kepemilikan saham sebesar 87,41%. Untuk melaksanakan aksi korporasi ini, perseroan akan meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Maret 2014.

Pada perdagangan saham Kamis (6/2/2014), saham MTFN bergerak turun 6,36% ke level harga Rp 103 per saham. Nilai transaksi perdagangan saham sekitar Rp 221,2 juta.

Pengambilalihan Saham Owen

Sebelum PT Capitalinc Invesment Tbk mengambilalih saham Owen, PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) telah menandatangani share sale and purchase agreement dengan Owen Holdings Limited (Owen) untuk pembelian 49% saham EMP International Ltd milik Owen pada 1 Agustus 2013.

Owen adalah pemegang effective working interest sebesar 17,99% pada blok ONWJ PSC melalui kepemilikan 49% saham pada EMP International Ltd (EIBL). Untuk melakukan akuisisi itu, PT Energi Mega Persada Tbk pun berniat untuk melakukan rights issue dengan total dana Rp 2,93 triliun.  Akan tetapi aksi korporasi itu belum dapat dilakukan karena kondisi pasar modal yang fluktuaktif. (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini