Sukses

6 Penyebab Ditolak Saat Melamar Kerja

Terdapat sejumlah alasan baik personal maupun profesional yang membuat Anda ditolak saat melamar kerja.

Ditolak saat melamar pekerjaan menjadi hal paling menyakitkan yang sering dirasakan mereka yang sedang mencari kerja. Bahkan bagi sebagian orang, itu tak hanya sekali terjadi. Ingin tahu mengapa Anda sering ditolak saat melamar kerja?.

Seperti dikutip dari Career Realism, Jumat (7/2/2014), terdapat sejumlah alasan baik personal maupun profesional yang membuat Anda ditolak saat melamar kerja.

Bahkan penampilan yang kurang rapih saja bisa membuat seseorang ditolak saat melamar kerja. Kadang kemampuan diri yang terlalu tinggi juga membuat perusahaan segan menerima Anda.

Berikut, enam alasan yang membuat Anda sering ditolak saat melamar kerja:

1. Anda meminta gaji terlalu tinggi

Banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah pengusaha berusaha menekan pendapatannya dengan mengurangi gaji pegawai. Faktanya, banyak orang yang akhirnya ditolak saat melamar kerja karena mengajukan gaji yang terlalu tinggi pada perusahaan.

2. Tidak mempersiapkan diri

Meski banyak orang menganggapnya sebagai hal mudah, tapi wawancara dan tes kerja tidak boleh dianggap sepele.

Anda harus belajar memenuhi pengetahuan pribadi tentang bidang yang diminati, lalu berlatihlah berkomunikasi dengan teman untuk mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki agar bisa diterima bekerja.

Hati-hati, salah satu kesalahan orang hingga tidak diterima kerja adalah karena kurang mempersiapkan diri.

3. Tidak mampu berkomunikasi dengan baik

Saat tengah mengikuti wawancara jangan membuat pihak perusahaan bingung dengan sejumlah jawaban yang Anda lontarkan. Jika ditanya, jawab dengan singkat dan jelas. Jangan berbicara berputar-putar dengan jawaban yang rancu.

Sulit berkomunikasi dengan baik membuat perusahaan dengan segera menolak Anda. Tapi jika beruntung, Anda bisa saja diterima. Siap-siap saja, tak lama kemudian akan dikeluarkan.

4. Hasil wawancara kerja yang buruk

Jangan senang dulu saat menerima panggilan dari sebuah perusahaan. Kadang, hasil wawancara Anda yang justru membuat tidak diterima saat melamar kerja.

Banyak atasan yang tidak suka dengan calon pegawai yang banyak bicara dan suka berdebat. Ingat, perusahaan mencari orang yang bisa bekerja sama dalam tim.

5. Penampilan yang tidak menarik

Kesan pertama kadang memang bisa menjadi salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya Anda di sebuah perusahaan. Saat Anda melamar pekerjaan dengan pakaian tidak rapih, bertato dan rambut gondrong, perusahaan akan berpikir dua kali untuk merekrut Anda.

6. Kemampuan Anda terlalu baik

Secara realistis, perusahaan akan menolak para pegawai yang memiliki kualifikasi kerja terlalu tinggi. Bayangkan saja, sebagian atasan tentu akan menolak para pegawai yang memiliki pengalaman kerja jauh lebih lama darinya dan keterampilan lebih unggul.

Kadang, kemampuan Anda yang terlalu hebat membuat perusahaan urung merekrut Anda.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini