Sukses

Masyarakat Tidak Puas Pengumuman CPNS Honorer K2 Molor Terus

Ombudsman RI melaporkan pihaknya telah menerima banjir protes dari masyarakat di seluruh Indonesia terkait pengumuman CPNS honorer K2.

Lembaga yang menangani keluhan pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia melaporkan pihaknya telah menerima banjir protes dari masyarakat di seluruh Indonesia terkait pengumuman tenaga honorer kategori 2 (K2) yang hingga saat ini belum terealisasi.

"Kalau keluhan PNS, sekarang kami lagi terima banyak pengaduan tak kunjung diumumkannya hasil tes tenaga honorer K2," kata Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana usai Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta, Senin (10/2/2014).

Meski tak menyebut jumlah keluhan yang sudah diterima Ombudsman, dia menambahkan, para pengadu tersebut kebanyakan mengeluhkan soal ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Dalam posisi sekarang, mereka sangat tidak puas dengan kebijakan Kemenpan RB, kok tidak segera mengumumkan hasil tes honorer K2. Katanya mau diumumkan hari ini, ya kita tunggu saja," kata Danang.

Sebelumnya, pemerintah bakal mengumumkan hasil seleksi CPNS honorer K2 pada 5 Februari 2014. Menurut MenPAN-RB Azwar Abubakar, pengumuman hasil CPNS dari golongan honorer ini bersifat final. Peserta yang namanya lulus atau tercantum artinya langsung lolos sebagai PNS

Azwar menjelaskan, pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS sangat diprioritaskan untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh, serta tenaga teknis/administrasi tertentu.

Selain itu, pengangkatan ini disesuaikan dengan kebutuhan instansi dan kemampuan keuangan negara sampai dengan tahun anggaran 2014.

Dari 605.170 peserta tes, sebanyak 254.774 atau 42% diantaranya merupakan tenaga pendidik. Adapun tenaga kesehatan sebanyak 17.124 orang, tenaga penyuluh ada 5.585 orang, dan 327.696 orang, atau 54% merupakan tenaga teknis/administrasi.

Dia menyebutkan, dari berbagai masukan dan aspirasi daerah, yang paling banyak dibutuhkan oleh daerah adalah tenaga kependidikan. “Karena itu kami mengalokasikan antara 40%-50% yang akan diterima menjadi CPNS,” terang Azwar. (Fik/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Akhirnya Hasil Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan Hari Ini

Cek Pengumuman CPNS Tenaga Honorer K2 di CPNS.Liputan6.com

Yogya dan Jateng Umumkan CPNS Honorer K2 Hari Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.