Sukses

DKI Jakarta Paling Banyak Terima Pengaduan Publik

Dari 4.800 pengaduan masyarakat di seluruh Indonesia, sebanyak 1.100 berasal dari warga di Ibukota.

Daftar pekerjaan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widowo (Jokowi) makin bertambah panjang. Lembaga yang menangani keluhan publik, Ombudsman, melaporkan jumlah pengaduan publik di DKI Jakarta merupakan yang tertinggi sepanjang 2013.

Ombudsman melaporkan, tak kurang dari 1.100 pengaduan telah diterima Ombudsman sepanjang tahun lalu. Jumlah ini tergolong tinggi karena total pengaduan di seluruh Indonesia mencapai 4.800 keluhan.

"Jakarta menempati ranking tertinggi (soal pengaduan) dari semua pemda. Dari total pengaduan di 2013 lebih dari 4.800 keluhan, sebanyak hampir 1.100 pengaduan ada di DKI Jakarta," ungkap Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana usai Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM di kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta, Senin (10/2/2014).

Pengaduan yang meluncur dari masyarakat kebanyakan mengenai Izin Mendirikan Bangunan (IMB) serta pengaduan terkait biaya pendidikan yang masih tinggi.

"Paling tinggi juga pengaduan soal pelayanan atau perizinan investasi, misalnya kalau mau bangun perusahaan terbatas, CV dan lainnya atau memperoleh AMDAL, masih banyak pungutan liar (pungli) di sana," jelas dia.

Untuk mengatasi tingginya pengaduan tersebut, Danang mengaku telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Pak Gubernur dan Wakil Gubernur berjanji akan membereskan sistem pelayanan investasi. Tapi kami masih tagih janji itu, karena sampai sekarang belum selesai," tukas dia.

Namun demikian, lanjut, Danang, banjir pengaduan dalam sebuah instansi, lembaga, kementerian, tidak selamanya menunjukkan kinerja pelayanan publik buruk dari lembaga itu.

"Belum tentu. Tapi kinerja pengaduan itu menunjukan responsifitas masyarakat sehingga kita harus mengapresiasi masyarakat atas keberanian mereka melakukan pengaduan," pungkas dia.(Fik/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com
Baca juga

Layanan Publik Bikin Kesal, Lapor Saja Lewat Situs Online

Pelayanan Publik Kemenperin Terbaik Diantara Lembaga Pemerintah

Keluhan Layanan Publik di Ombudsman Naik 97%

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.