Sukses

Tiga Kementerian Paling Banyak Terima Keluhan Publik

Ombudsman mengaku bisa merekomendasikan pemecatan bagi kepala dinas yang berkinerja buruk dalam pelayanan publik.

Ombudsman, Lembaga yang menangani keluhan pelayanan publik di Indonesia mengaku bakal merekomendasikan pemecatan Kepala Dinas Kementerian/Lembaga (K/L) yang tidak memperbaiki kualitas pelayanan publik. Hal ini menyusul catatan Ombudsman yang melaporkan tiga Kementerian dalam posisi teratas pengaduan terbanyak sepanjang 2013.

Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana mengungkapkan, tiga kementerian paling banyak meneriman keluhan publik tersebut adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kalau Kemenkes dan Kemendikbud datang dari kalangan pribadi masyarakat umum," ujar Danang di Kantor BPS, Jakarta, Senin (10/2/2014).

Keluhan kepada Kemendikbud selama ini terkait sistem pendidikan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), serta kualitas guru. Kemenkes sendiri menjadi institusi pemerintah yang paling banyak menerima keluhan berhubunganan dengan kebutuhan rakyat.

Sementara Kemenhub menjadi instansi pemerintah yang terbanyak mendapat pengaduan dari kalangan investor.

Danang menegaskan, tindak lanjut dari pengaduan tersebut akan dilakukan dengan memanggil Kepala Dinas Pelayanan Publik dari K/L tersebut. Bahkan, instansinya bisa merekomendasikan tindakan lebih tegas bagi para kepala dinas tersebut.

"Kalau tidak didengar, kami akan rekomendasikan pemecatan terhadap kepala dinasnya. Itu paling mudah dan rekomendasi Ombudsman harus dilaksanakan," tandasnya.

Sebelumnya, Ombudsman melaporkan DKI Jakarta masuk dalam kategori pemerintah daerah (pemda) yang menempati ranking pengaduan tertinggi dibandingkan pemda lainnya di Indonesia pada 2013.

"Jakarta menempati ranking tertinggi (soal pengaduan) dari semua pemda. Dari total pengaduan di 2013 lebih dari 4.800 keluhan, sebanyak hampir 1.100 pengaduan ada di DKI Jakarta," ungkapnya.(Fik/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com
Baca juga

Layanan Publik Bikin Kesal, Lapor Saja Lewat Situs Online

Pelayanan Publik Kemenperin Terbaik Diantara Lembaga Pemerintah

Keluhan Layanan Publik di Ombudsman Naik 97%

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.