Sukses

Peluang Kerja dan Gaji Bakal Lebih Baik dalam 6 Bulan Lagi

Tingkat optimistis masyarakat Indonesia terhadap prospek ekonomi negara masih tetap tinggi dalam enam bulan ke depan.

Tingkat optimistis masyarakat Indonesia terhadap prospek ekonomi negara masih tetap tinggi dalam enam bulan ke depan. Hal itu berdasarkan survei konsumen yang disampaikan Bank Indonesia (BI).

Hal itu dibuktikan dengan nilai Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada  Januari 2014 yang juga meningkat menjadi 116,7 dari bulan sebelumnya di 116,5.

"Penguatan dan optimisme terutama didorong oleh membaiknya optimisme masyarakat terhadap ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan selama enam bulan mendatang," kata Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia, Hendy Sulistiowaty dalam perbincangan dengan media di Gedung Bank Indonesia, Selasa (11/2/2014).

Dalam survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) juga menyampaikan mengenai tekanan kenaikan harga yang diperkirakan meningkat pada tiga bulan mendatang (April 2014).

Hal tersebut terindikasi dari indeks ekspektasi harga yang lebih tinggi yaitu 174 dibandingkan dengan hasil survei pada bulan sebelumnya sebesar 170,7.

Hendy menambahkan, untuk ekspektasi yang lebih panjang, menurut konsumen,  tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang (Juli 2014) juga diperkirakan semakin menguat.

"Ini seiring dengan tingginya permintaan selama bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri, serta kekhawatiran responden terhadap kondisi keamanan atau sosial politik pasca Pemilu Presiden putaran pertama (9 Juli 2014)," kata Hendy. (Yas/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.