Sukses

Muhammad Lutfi Resmi Jadi Menteri Perdagangan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan yang mundur pada 31 Januari 2014 lalu. Lutfi sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang.

"Saya telah melakukan fit and proper test pada seorang yang saya pilih sebagai Menteri Perdagangan. Fit and proper test telah dilakukan didamping Wapres terhadap Saudara Muhammad Lutfi, Mantan Dubes Indonesia untuk Jepang," kata SBY dalam konferensi pers di Istana, Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Rencananya SBY bakal melantik Lutfi pada Jumat, 14 Februari mendatang.  Sekadar informasi, Lutfi yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah dipanggil Presiden SBY ke kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jabar, pada Senin (10/2/2014) lalu.

Saat dipanggil, Lutfi diberitahu akan menjadi Menteri Perdagangan, dan harus berkoordinasi dengan sejumlah menteri ekonomi.

M. Lutfi adalah mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), dan merupakan lulusan Program in Economic Purdue University, West Lafayette, Indiana, AS (1992); dan Finance for Nonfinancial Managers New York University, AS (1992). (Ndw)

Baca juga:

Pagi Ini, SBY Umumkan Mendag Baru Pengganti Gita Wirjawan

Dubes RI untuk Jepang jadi Menteri Perdagangan Baru?

Hatta Rajasa Bilang Tak Perlu Ada Mendag Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini