Sukses

Rumah Mewah di Jakarta Lebih Seksi Dibanding New York

Kenaikan harga rumah mewah di Jakarta merupakan yang tertinggi di dunia sepanjang 2013.

Di tengah makin ketatnya ketentuan pembelian rumah di Tanah Air, sektor properti khususnya rumah mewah di Indonesia justru mencatat kenaikan tertinggi di dunia.

Harga rumah mewah di Indonesia naik lebih tinggi dibandingkan kota metropolis seperti Kuala Lumpur, London, bahkan New York sekalipun.

Mengutip data konsultan properti internasional Kinght Frank dalam laporan terbarunya bertajuk Knight Frank Prime Global Cities Index Quarter IV-2013, harga rumah mewah di Jakarta pada 2013 naik sekitar 37,7% dibandingkan setahun sebelumnya.

Kenaikan harga ini tak mampu ditandingi kota-kota besar lain di dunia. Dublin yang berada di peringkat kedua tercatat hanya mengalami kenaikan harga rumah mewah sebesar 17,5%.

Sementara penghuni lima besar lainnya yang menempati peringkat kota besar dunia dengan kenaikan harga rumah mewah terbesar adalah Beijing sebesar 17,1%, Dubai 17%, dan Los Angeles 14%.

Knight Frank melaporkan data terbaru harga rumah mewah ini dikumpulkan dari 30 kota besar di dunia. Secara rata-rata, kenaikan harga rumah di dunia meningkat 6,9% pada 2013 atau 2% pada kuartal IV-2013.

"Berdasarkan harga rata-rata, indeks harga harga rumah dunia telah meningkat 34,1% dari posisi terendahnya ketika krisis finansial dunia terjadi," ujar Knight Frank dalam laporannya.

Pertumbuhan harga rumah mewah di Jakarta termasuk fenomenal. Jakarta bahkan mampu mempertahankan peringkatnya sebagai kota besar dengan kenaikan harga rumah mewah tertinggi dalam dua tahun terakhir. (Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.