Sukses

Kasihan Honorer, Mengabdi Puluhan Tahun Belum Tentu Jadi PNS

Banyak tenaga honorer bertahan sampai puluhan tahun lamanya dan berharap suatu saat bisa diangkat menjadi PNS.

Banyak tenaga honorer di Indonesia yang mengabdi hingga puluhan tahun lamanya. Harapan mereka hanyalah satu yaitu ingin diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Guru Besar Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Miftah Thoha mengaku miris melihat masa depan tenaga honorer yang diliputi ketidakpastian. Pasalnya, Miftah bilang, tenaga honorer tidak mempunyai gaji tetap dan tanpa kejelasan masa kerja.

"Memang kasihan, banyak yang bertahan menjadi tenaga honorer sampai puluhan tahun lamanya dan berharap suatu saat bisa diangkat menjadi PNS dengan masa depan yang lebih pasti," kata Miftah saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Pengumuman tenaga honorer kategori 2 (K2) sejak beberapa hari lalu telah diwarnai suka cita bagi peserta yang lolos. Namun banyak pula peserta yang harus menelan kekecewaan dan harus memupus mimpinya untuk menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini.

Dia menggambarkan kondisi masa lalu maupun saat ini terkait pengangkatan tenaga honorer di lingkungan pemerintahan.  Menurut dia, perekrutan dan pengangkatan tenaga honorer dulu tidak melalui jalur seleksi yang seperti sekarang ini diterapkan. Alhasil, kualitas PNS tersebut bisa dibedakan secara jelas.

"Pengangkatan honorer banyak terjadi ketika masa-masa tahun politik seperti sekarang ini. Mereka diangkat karena dekat dengan penguasa," ungkapnya.

Sistem pengangkatan honorer, lanjut Miftah, didominasi karena adanya tindak Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). "Tapi ada juga yang diangkat karena belas kasihan, tinggal di kampung tidak punya pekerjaan. Jadi diangkat bukan berdasarkan kompetensi seperti sekarang," tegasnya. (Fik/Ndw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Daftar Provinsi yang Sudah Umumkan Kelulusan CPNS Honorer

Hasil Seleksi CPNS Honorer K2 di 4 Provinsi Diumumkan, Mana Saja?

Cek Daftar Lolos CPNS Honorer K2 di 198 Pemda & 16 Kementerian

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Hasil Tes CPNS Honorer K2

Kementerian PAN-RB Janji Update Terus Hasil Tes CPNS Honorer


Akhirnya Hasil Tes CPNS Honorer K2 Diumumkan Hari Ini

Cek Pengumuman CPNS Tenaga Honorer K2 di CPNS.Liputan6.com




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.