Sukses

Gunung Kelud Meletus, Garuda Batalkan Uji Coba Rute Baru

PT Garuda Indonesia Tbk membatalkan penerbangan uji coba rute baru maskapainya di bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat pagi.

PT Garuda Indonesia Tbk membatalkan penerbangan uji coba rute baru maskapainya di Bandara Juanda, Surabaya, akibat abu vulkanik Gunung Kelud yang terletak di Kediri meletus Kamis malam pukul 22.50 WIB.

Tiga bandara dipastikan tidak dapat beroperasi karena abu vulkanik Gunung Kelud. "Bandara Adi Sucipto, Adi Sumarmo dan Juanda ditutup," ungkap Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Adapun jarak pandang di runway bandara Juanda kurang dari 100 meter. Kondisi appron dan jalan raya di sekitar bandara sudah tertutup oleh abu vulkanik. Hal itu membuat dua penerbangan uji coba rute baru maskapai Garuda Indonesia dibatalkan pada pagi ini.

Kementerian Perhubungan hingga saat ini belum bisa memastikan pengoperasian kembali ketiga bandara internasional tersebut yang hingga saat ini masih terjadi hujan abu vulkanik.

"Pengoperasian melihat kondisi debu vulkanik," ujar Bambang.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Kementerian Perhubungan pagi ini, situasi bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dengan kondisi memiliki jarak pandang saat ini antara 1-5 meter. Kondisi bandara dan jalan raya sudah tertutup abu vulkanik.

Selain itu, operasional Bandara Adi Sumarmo untuk hari ini ditutup. Maskapai Trigana sudah membatalkan penerbangan pagi ini yang dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Jarak pandang kurang dari 500 meter. (Yas/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

BNPB: Kemungkinan Tidak Akan Terjadi Erupsi Besar Lagi

Hujan Abu Erupsi Kelud di Surabaya, Jarak Pandang Sangat Terbatas

Gunung Kelud Meletus, Surabaya Hujan Abu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.