Sukses

Operasi 54 Penerbangan Citilink Terhenti karena Gunung Kelud

Citilink Indonesia, anak usaha maskapai penerbangan Garuda Indonesia menghentikan 54 penerbangannya terkait dengan meletusnya Gunung Kelud.

Citilink Indonesia, anak usaha maskapai penerbangan Garuda Indonesia menghentikan 54 penerbangannya terkait dengan meletusnya Gunung Kelud di Jawa Timur. Penerbangan dihentikan sampai ada instruksi dari instansi terkait untuk membukanya kembali.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Arief Wibowo mengatakan, penghentian penerbangan terjadi di 4 bandara yakni, Bandara Djuanda Surabaya, Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, Abduk Rachman Saleh di Malang dan Achmad Yani di Semarang.

"Di Surabaya 20 penerbangan, Yogyakarta 4 penerbangan, Semarang 2 penerbangan dan Malang 1 penerbangan. Jadi ada 27 penerbangan di kali 2 frekuensi. Total 54 penerbangan, " jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (14/2/2014).

Dia mengaku belum mengetahui sampai kapan penghentian operasi penerbangan ini. Pastinya kondisi akan terus dipantau per jam untuk mengetahui kondisi.

"Ini memang harus dilakukan karena membahayakan. Debu letusan gunung bisa mengganggu jika masuk ke engine dan keselamatan penumpang harus diutamakan," jelas dia.

Arif mengatakan, Citilink telah melakukan sosialisasi mengenai pembatalan penerbangan di tiga kota tersebut melalui berbagai media, baik sosial media, call center, sales office, situs resmi, mitra agen perajalanan, dan pengumuman di seluruh bandara di Indonesia.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa Citilink akan terus memantau dan menginformasikan kepada seluruh calon penumpang Citilink pembatalan penerbangan di tiga kota tersebut akan berakhir.

"Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk memonitor hari ke hari mengenai cuaca dan jarak pandang di landasan Bandara Juanda, Bandara Adisucipto, dan Bandara Abdul Rachman Saleh," katanya. (Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Bandara Surabaya, Solo, Yogyakarta Ditutup Akibat Letusan Kelud

Abu Vulkanik Gunung Kelud Hingga NTB

Lion Hentikan 90 Penerbangan Akibat Gunung Kelud Meletus

Penerbangan Dibatalkan, Garuda Jamin Tiket Tidak Hangus




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini