Sukses

Bandara Adi Sumarmo Masih Ditutup Sampai Selasa 18 Februari

Bandara Adi Sumarmo di Solo Jawa Tengah masih belum bisa beroperasi pada Senin (17/2/2014) ini usai tertutup abu letusan Gunung Kelud.

Bandara Adi Sumarmo di Solo Jawa Tengah dipastikan masih belum bisa beroperasi pada Senin (17/2/2014) ini usai tertutup abu letusan Gunung Kelud di Blitar, Jawa Tengah.

Hingga Minggu kemarin, tersisa Bandara Adi Soetjipto Yogyakarta dan Adi Sumarmo Solo yang belum bisa kembali beroperasi karena masih tertutup tebalnya abu vulkanis Gunung Kelud. Rencananya, Bandara Adi Sumarmo akan tutup sampai Senin ini pukul 06.00 wib.

"Namun penutupan Bandara Adi Soemarmo diperpanjang sampai Selasa 18 Februari pukul 06.00 wib," ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan di Jakarta.

Sesaat setelah Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014), terdapat 7 bandara di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tak beroperasi dengan aspek pertimbangan keselamatan penumpang.

Bambang menjelaskan, perpanjangan penutupan Bandara Adi Sumarmo karena proses pembersihan yang masih berlangsung.

Untuk bandara lainnya yang sempat tutup seperti Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan Achmad Yani Semarang saat ini sudah bisa dioperasikan kembali.

"Sebagian sudah. Jadi Surabaya sudah open, Bandung sudah terbuka, Malang, Semarang sudah bisa terbang," jelas Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Udara Kemenhub Djoko Murjatmojo.

Djoko mengungkapkan, bandara tersebut sudah bisa beroperasi dengan normal karena sudah dibersihkan, selain itu juga ruang udara menuju atau meninggalkan bandara tersebut sudah berada dalam kondisi aman sehingga bisa dilalui pesawat. (Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Garuda Indonesia Kembali Buka Penerbangan di 3 Bandara Hari Ini

Cuma Satu Maskapai Berani Beroperasi di Bandara Malang

Gunung Kelud Meletus, Bandara Juanda Kehilangan Rp 2 Miliar/Hari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini