RI Siap Buka Kembali Keran Pengiriman TKI ke Arab Saudi

By Nurmayanti

on Feb 18, 2014 at 11:48 WIB

Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi segera menandatangani perjanjian bilateral (Memorandum of Understanding/MoU) terkait penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Rencananya MoU kedua negara tersebut akan ditandatangani di Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (19/2/2014). Dengan ditandatanganinya kesepakatan tersebut keran pengiriman TKI yang selama ini terhenti bakal segera dibuka.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan penandatanganan MoU tersebut selain akan membuka kembali moratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi, juga menjadi tonggak sejarah dalam hal penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi.

Sebab untuk pertama kalinya penandatanganan MoU perlindungan TKI antara pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi berlangsung.

“Ini menjadi awal sejarah baru dalam penempatan dan perlindungan TKI kita di Arab Saudi. Dengan mengantongi perjanjian perlindungan yang selaras dengan Undang-Undang Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, TKI Kita dapat bekerja kembali di Arab Saudi," kata Muhaimin dalam keterangannya, Selasas (18/2/2014).

Dalam rangka penandatanganan perjanjian tersebut delegasi Indonesia yang dipimpin langsung Muhaimin Iskandar berangkat ke Riyadh, Arab Saudi, sejak Senin (17/2/2014).

Menurut Muhaimin MoU tersebut akan memberikan kepastian hukum baik bagi pengguna maupun bagi TKI yang bekerja di Arab Saudi. 

Selain itu, penandatanganan perjanjian tersebut sekaligus memberikan kepastian jaminan perlindungan bagi TKI yang bekerja pada pengguna jasa. "Kami ingin Arab Saudi memberikan perhatian khusus pada TKI," kata dia.

Muhaimin menambahkan perjanjian yang akan ditandatangani dalam waktu dekat tersebut mencakup antara lain penyelesaian masalah hubungan kerja, penyediaan sarana komunikasi dan penyediaan hari libur serta sistem penggajian yang dilakukan melalui jasa perbankan untuk TKI. (Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Credit Nrm

Suka artikel ini?
Nurmayanti
Nurmayanti

  Full bio »

3 Comments

  • AL_jabar

    Jangan dulu di buka sebelum maher dalam bahasa egglish memalukan,n banyak di lecehkan!!!!

  • Dik Doank

    Saya berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan nasib para TKI, khususnya di Arab Saudi dan memperjelas & mempermudah akses pengaduan, yang selamanya kurang tanggap jika ada pengaduan dari TKI. Saya rasa pemerintah kita harus mencontoh pemerintah Fhilipina

  • Dik Doank

    Mudah-mudahan, dengan adanya perjanjian baru nasib tKI di arab saudi terjamin, tapi yang saya khawatirkan itu smua tidak sesuai dengan fakta dilapangan, Kadang TKI khususnya TKW tidak tahu kmna dia harus mengadu dikala ada masalah dengan majikan, dari dulu juga semua TKI membawa psurat PK tapi kebanyakan suta tersebut tidak berlaku untuk majikan.