Sukses

Kenapa Tidak Semua Honorer K2 Diangkat Jadi PNS?

Dari 605 ribu tenaga honorer K2 yang mengikuti seleksi menjadi CPNS , hanya sekitar 218 ribu yang dijaring Panselnas. Kenapa tidak semuanya?

Dari 605 ribu tenaga honorer kategori dua (K2) yang mengikuti seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), hanya sekitar 218 ribu yang dijaring Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Hal ini tentu menimbulkan rasa kecewa bagi para tenaga honorer yang tidak lulus. Lalu memunculkan pertanyaan kenapa tidak semua tenaga honorer tidak diluluskan saja menjadi PNS?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menjelaskan, pemerintah tidak mengangkat semua tenaga honorer jadi PNS karena disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing instansi pusat dan daerah.  Tak hanya itu, pemerintah juga harus mempertimbangkan kemampuan anggaran negara.

"Jadi pada tahun 2013 dan 2014, formasi yang disiapkan sekitar 218 ribu, sementara pendaftarnya sekitar 605 ribu orang," jelas Herman saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (19/2/2014).

Namun bagi para tenaga honorer yang tidak lolos seleksi tidak perlu kecewa. Pemerintah akan mengupayakan agar para tenaga honorer bisa masuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)

"Untuk yang tidak lulus, sabar dan tawakal. Ada peluang buat tenaga honorer untuk bisa diprioritaskan masuk PPPK," kata dia.

Senada dengan Herman,  Kepala Bagian (Kabag) Komunikasi Publik Kementerian PAN-RB Suwardi juga menyatakan tenaga honorer yang tidak lulus memiliki peluang untuk menjadi PPPK.  "Nanti akan diarahkan ke sana (PPPK). Kami juga menghargai mereka karena sudah banyak jasanya," tutur dia. (Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:



Mengabdi Belasan Tahun, Honorer Tua Resah Tak Lulus CPNS

Ini Dia! 8 Kementerian/Lembaga yang Belum Umumkan CPNS Honorer


Mau Tahu Hasil Tes CPNS Honorer K2 di 366 Instansi? Cek di Sini!

Temukan Kecurangan, Kemana Tenaga Honorer Harus Mengadu?

Daftar Kelulusan CPNS Honorer di 13 Kementerian/Lembaga

Hati-hati! Penipuan Berkedok Kelulusan CPNS Honorer

Lembar Pengumuman Tes CPNS Honorer K2 Tak Bisa Dipalsukan

Provinsi Mana yang Paling Banyak Angkat Honorer K2 Jadi CPNS?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini