Sukses

Harga CPO Makin Licin Hingga Akhir Tahun

Harga minyak mentah kelapa sawit diproyeksikan tetap menguat akan mendukung ekspor Indonesia pada 2014.

Harga minyak mentah kelapa sawit/crude palm oil (CPO) diprediksi tetap menguat pada 2014. Hal itu dapat menguntungkan mengingat Indonesia menjadi salah satu negara penghasil CPO terbesar di dunia.

"Sampai sekarang harga CPO semakin bagus dan diperkirakan sampai akhir tahun akan semakin bagus, mungkin juga dialami komoditas lain," ungkap ekonom dari Indonesia Research and Strategic Analysis (IRSA), Faisal Basri di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Faisal mengungkapkan, harga CPO berpotensi naik disebabkan respon pasar terkait kebijakan pemerintah Indonesia yang mewajibkan para produsen CPO untuk memasarkan 10% hasilnya di dalam negeri.

"Produsen akan dipaksa konsentrasi menjual CPO di dalam negeri, karena adanya kebutuhan penggunaan biodiesel untuk PLN dan Pertamina. Jadi, jutaan ton CPO tidak akan keluar," ujar Faisal.

Semakin membaiknya harga dan kebijakan pemerintah ini diyakini Faisal akan mampu meningkatkan ekspor CPO. Secara tidak langsung, hal itu berdampak terhadap penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Dia menambahkan, meski ada pengenaan bea keluar hingga 10%, namun secara nilai, prospek ekspor CPO dan komoditi lainnya seperti batu bara dinilai masih bagus pada 2014. Hal ini mengikuti tren positif sejak kuartal IV 2013.

"Ekspor kita di awal tahun ini akan naik cukup signifikan dan diyakini akan mampu membuat penguatan terhadap rupiah," pungkas Faisal. (Yas/Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.