Sukses

Susi Air Caplok Rute Merpati di Papua

Susi Air beruntung menggarap bisnis penerbangan dengan menggunakan pesawat kecil.

PT ASI Pudjiastuti Aviation pemilik maskapai penerbangan Susi Air telah mengambil alih rute penerbangan milik Merpati Nusantara Airlines di Papua. Mengandalkan pesawat kecil, Susi Air berhasil memenangkan lelang rute bekas maskapai pelat merah tersebut.

"Rute Merpati pesawat kecil cuma di Papua. Saya nggak tahu kalau yang besar-besar itu dimana. Tapi seingat saya yang bisa kita terbangi itu hanya di Papua. Rute kami di Papua banyak menyelesaikan pekerjaan yang dimenangkan oleh Merpati," ujar Owner Susi Air, Susi Pudjiastuti saat konferensi pers di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Maskapai yang berdiri sejak Februari 2004 ini telah membangun 15 jalur penerbangan untuk wilayah Merauke. Namun tidak semua rute bisa diterbangkan dengan pesawat biasa, karena beberapa rute yang harus diterbangi dengan pesawat jenis tertentu.

"Setahu saya Merpati sudah MA60 dan Boeing. Wamena kami kerjakan, sebagian Sentani, total di Papua itu ada 32 destinasi dan 84 rute," katanya.

Susi Air menargetkan jumlah penumpang pada tahun ini bakal meningkat sebesar 10% dari 2013 yang berkisar 300-350 ribu penumpang.

Peningkatan ini dipicu keputusan perusahan yang mulai banyak masuk rute commuter dengan lokasi daerah yang lebih dalam. "Jadi biasanya penumpangnya lebih kurang. Memang tidak bisa tinggi karena kita kan masuk ke wilayah lebih remote (terpencil)," katanya.

Saat ini, Susi Air telah memiliki 22 base, 195 rute dan 162 destinasi yang tersebar diseluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Merauke.(Dny/Shd)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

RI Tak Mampu Bayar Utang Merpati Seperti Century

Garap Rute Perintis, RI Beri Jatah Subsidi Rp 300 Miliar

Tiga Maskapai Berminat Ambil Alih Rute Merpati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini