Sukses

Bandara Adi Soemarmo Dibuka Kembali

Bandara Adi Soemarmo Solo kembali beroperasi pada Kamis pagi (20/2/2014) ini setelah ditutup selama 6 hari.

Bandara Adi Soemarmo Solo kembali beroperasi pada Kamis pagi (20/2/2014) ini setelah ditutup selama 6 hari akibat tertutup abu letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Solo, Kolonel Pnb Agus Radar Sucahyo mengatakan bandara telah resmi dibuka pada hari Kamis pukul 07.00 WIB.

Dibukanya kembali aktifitas penerbangan karena bandara telah dinyatakan bersih dari abu vulkanik kelud yang sempat menutupi area landasan pacu, taxi way hingga apron.

"Pagi hari ini bandara sudah clear sehingga pembukaan ini sesuai dengan notam bahwa  bandara dibuka pada  Kamis tanggal 20 Februari 2014 pada pukul 07.00 WIB," kata dia ketika ditemui di Bandara Adi Soemarmo Solo, Kamis (20/02/2014).

Dibukanya bandara tersebut, membuat sejumlah maskapai penerbangan kembali beroperasi untuk melayani para calon penumpang baik untuk penerbangan dari Solo maupun sebaliknya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, di Bandara Adi Soemarmo Solo, sejumlah kru pesawat tampak sibuk melakukan pengecekan pesawat sebelum persiapan melakukan  penerbangan.

Tak hanya itu, sejumlah calon penumpang terlihat memadati layanan check in masing-masing maskapai penerbangan.

Pemandangan tersebut sangat berbeda jika dibandingkan dengan kondisi pada hari Jumat hingga Rabu kemarin yang terlihat sepi karena bandara masih ditutup untuk pembersihan abu vulkanik.

Dikatakan pembukaan kembali bandara ditandai dengan aktifitas penerbangan yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia pada pukul 07.00 WIB tujuan Jakarta.

Selain Garuda, maskapai Lion Air juga melakukan penerbangan pada pukul 07.25 WIB. Setelah Lion Air, jadwal pemberangkatan penerbangan disusul oleh maskapai Kalstar dan Sriwijaya Air.

 "Selain take off, pada hari pembukaan kembali bandara ini juga terdapat pesawat yang landing, yakni pesawat Garuda Indonesia pada pukul 07.15 WIB. Jadi setelah selesainya proses pembersihan abu, bandara ini sudah bisa melayani take off maupun landing. Dan tidak ada masalah," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa proses pembersihan abu yang menutupi bandara dilakukan sejak hari Jumat lalu saat hujan abu mengguyur Kota Solo dan sekitarnya.

Mulai hari ini proses pembersihan abu dilakukan hingga hari Rabu kemarin. "Untuk mempersiapkan pembukaan bandara pada pagi ini, pembersihan abu pada hari Rabu kemarin dilakukan hingga tadi malam. Ini semua dilakukan untuk memenuhi target bahwa pagi ini bandara harus sudah beroperasi," ucapnya. (Reza Kuncoro)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.